Jakarta (ANTARA) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menjamin listik tak akan padam atau zero down time di KEK Mandalika, Nusa Tenggara Barat, melalui sistem pasokan listrik berlapis.

“Skema zero down time ini pertama kali kami aplikasikan di NTB, yaitu di Mandalika. Ini merupakan komitmen kami untuk memberikan yang terbaik untuk KEK Mandalika,” kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat Lasiran dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Lasiran menjelaskan PLN mengeluarkan biaya investasi lebih dari Rp76 miliar untuk membangun infrastruktur kelistrikan dan pendukungnya guna mewujudkan kawasan terang benderang di KEK Mandalika.

Menurut dia, kelistrikan yang dipastikan andal salah satunya ada pada Mandalika International Street Circuit.

Baca juga: Konstruksi lintasan sirkuit MotoGP Mandalika capai 78,6 persen

“Daya yang dipasok hanya untuk sirkuitnya saja 5,19 MVA dengan tarif layanan premium gold,” ujar Lasiran.

Kesiapan jaringan listrik di lapangan saat ini telah mencapai 90 persen. Terdapat dua unit gardu induk yang siap memasok KEK Mandalika, yakni dari gardu induk Kuta dan Sengkol.

Sedangkan sisi pembangunan jalan khusus yang akan difungsikan sebagai lintasan balap motor sekelas World Superbike dan MotoGP saat ini telah mencapai 78,6 persen.

Mandalika International Street Circuit masuk dalam kalender penyelenggaraan World Superbike 2021 yang dijadwalkan pada 12-14 November 2021 dan akan diikuti 24 pembalap dari sejumlah negara.

Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro menyampaikan apresiasi terhadap dukungan kelistrikan yang diberikan PLN untuk KEK Mandalika, terkhusus bagi lintasan balap motor tersebut.

Baca juga: Pembangunan sirkuit Mandalika capai 77 persen

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas gerak cepat PLN dalam merespon kebutuhan kami akan suplai tenaga listrik," ujar Bram.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021