Presiden Mesir tekankan upaya pembangunan kembali Jalur Gaza

Presiden Mesir tekankan upaya pembangunan kembali Jalur Gaza

Presiden Prancis Emmanuel Macron menyambut Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi (kanan) di Elysee Palace di Paris dalam kunjungan resminya ke Prancis, Senin (7/12/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Gonzalo Fuentes/hp/cfo

Kairo (ANTARA) - Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengatakan kepada pemimpin baru Israel pentingnya untuk menindaklanjuti upaya yang didukung Mesir untuk membangun kembali Jalur Gaza setelah pertempuran berlangsung bulan lalu di sana.

Dalam pembicaraan pertamanya melalui telepon dengan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett sejak Bennett menjabat dua minggu lalu, Sisi menekankan dukungan Mesir untuk upaya mencapai solusi yang adil dan permanen antara Palestina dan Israel, kata kantor kepresidenan Mesir pada Senin.

Sisi menekankan pentingnya mendukung upaya Mesir untuk membantu membangun kembali Jalur Gaza setelah pertempuran berlangsung pada Mei antara Israel dan kelompok Islam Hamas yang menguasai wilayah itu.

Sebuah pernyataan dari kantor Bennett menyebutkan bahwa pemimpin Israel telah berterima kasih kepada Mesir atas perannya dalam menengahi gencatan senjata yang mengakhiri pertempuran, dan mediasi dalam membantu menemukan warga Israel yang hilang atau ditangkap di Gaza.

Kedua pemimpin akan akan segera bertemu.

Mesir dan Qatar telah menjanjikan bantuan masing-masing 500 juta dolar AS (sekitar Rp7,3 triliun) untuk rekonstruksi di daerah kantong Palestina. Di wilayah itu, dua pertiga dari dua juta penduduknya bergantung pada bantuan.

Israel mengatakan bahwa langkah itu dapat dilanjutkan hanya jika kemajuan dibuat dalam upaya untuk menyelamatkan dua tentara yang hilang dalam perang Gaza pada 2014 serta dua warga sipil yang menyelinap secara terpisah ke daerah kantong itu.

Sementara itu, Hamas menolak kaitan apa pun antara rekonstruksi dan pencarian orang hilang.

Pemerintah Gaza mengatakan 2.200 rumah hancur dan 37.000 lainnya rusak akibat penembakan lintas batas oleh Israel selama 11 hari. Israel dan Mesir bersama-sama mempertahankan blokade keamanan serta membatasi impor dan ekspor dari Gaza.

Sumber: Reuters

Baca juga: Delegasi Israel kunjungi Mesir untuk bahas pertukaran tahanan Hamas

Baca juga: Intelijen Mesir, Hamas adakan pembicaraan gencatan senjata di Gaza

Baca juga: Blinken bertemu Presiden Mesir untuk pertahankan gencatan senjata Gaza


 

Pesawat tempur Israel serang pos militer Hamas di Gaza

Pewarta : Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2021