Pamekasan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur, Jumat, melaporkan sebanyak 13 kasus aktif baru COVID-19, sehingga jumlah total kasus aktif virus corona per tanggal 25 Juni 2021 di wilayah itu sebanyak 60 orang.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkab Pamekasan Arif Rachmansyah di Pamekasan, Jumat malam, ke 13 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 itu berdasarkan hasil tes usap.

"Mereka yang terkonfirmasi positif COVID-19 ini dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Pamekasan, Galis, Pademawu dan Kecamatan Proppo," kata Arif.

Perinciannya, dari Kecamatan Pademawu sebanyak dua orang, Pamekasan delapan orang, dari Kecamatan Galis sebanyak dua orang dan dari Kecamatan Proppo satu orang.

Warga yang terpapar COVID-19 ini, umumnya memang pernah terlibat kontak dengan warga yang terkonfirmasi positif COVID-19, sebagian diantaranya bahkan ada yang sudah divaksin COVID-19.

Baca juga: Cegah meluasnya COVID-19, keluar masuk Pamekasan wajib punya SIKM
Baca juga: Pamekasan laporkan tambahan 18 kasus aktif baru COVID-19


Arif menjelaskan, tambahan kasus baru COVID-19 sebanyak 13 orang ini merupakan tambahan kasus baru terbanyak usai libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Sebab, sebelum Lebaran angka kasus baru COVID-19 di Kabupaten Pamekasan cenderung melandai, bahkan dalam sepekan sebelum Lebaran sempat tidak ada tambahan kasus baru.

Selain mengumumkan tambahan kasus baru COVID-19, Pemkab Pamekasan juga mengumumkan adanya pasien positif COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh sebanyak tiga orang.

Masing-masing berinisial AS (30) asal Kecamatan Pademawu, AF (44) asal Kecamatan Pamekasan dan NA (52) asal Kecamatan Galis.

"Dan per hari ini juga ada pasien COVID-19 yang meninggal dunia, yakni pasien berinisial DB (54) asal Kecamatan Pamekasan," ujar Arif.

Baca juga: Positif di penyekatan Suramadu, Satgas Pamekasan jemput empat warga
Baca juga: Pemkab pulangkan warga Bangkalan positif COVID-19 di Pamekasan


Sementara berdasarkan data yang dirilis Satgas COVID-19 Pemprov Jatim, Kabupaten Pamekasan termasuk urutan ketiga di Pulau Madura dalam hal tambahan kasus aktif baru COVID-19.

Urutan pertama Kabupaten Bangkalan sebanyak 1.021 kasus aktif, Sampang 126 kasus, lalu Pamekasan 60 kasus, dan terakhir Kabupaten Sumenep sebanyak 21 kasus.

Upaya untuk menekan penyebaran kasus aktif baru di kabupaten ini terus dilakukan. Selain meningkatkan kembali operasi penegakan disiplin protokol kesehatan, juga menggencarkan pelaksanaan tes cepat antigen dan vaksinasi massal kepada warga lanjut usia yang tersebar di 13 kecamatan di wilayah itu.

Baca juga: Lima pekerja migran asal Pamekasan positif COVID-19
Baca juga: Pemkab Pamekasan vaksin 768 lansia

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021