UI-Shopee perkuat sinergi Tri Dharma Perguruan Tinggi

UI-Shopee perkuat sinergi Tri Dharma Perguruan Tinggi

UI-Shopee perkuat sinergi tri dharma perguruan tinggi (ANTARA/Foto: Humas UI)

Depok (ANTARA) - Rektor Universitas Indonesia (UI) Prof Ari Kuncoro dan Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja menandatangani Nota Kesepakatan Bersama (NKB) untuk memperkuat sinergi Tri Dharma Perguruan Tinggi agar lebih intensif dalam berkolaborasi.

"Kerja sama yang dilakukan UI dan Shopee Indonesia meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dan pelatihan; penyelenggaraan kegiatan ilmiah, seminar, dan lokakarya," kata Rektor UI Prof Ari Kuncoro dalam keterangannya yang diterima di Depok, Jawa Barat, Selasa.

Baca juga: Fasilkom UI luncurkan aplikasi WEB program magang kampus merdeka

Baca juga: Dua mahasiswa vokasi UI raih penghargaan kewirausahaan


Selain itu, juga penyelenggaraan program magang dan beasiswa untuk mahasiswa UI, peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia; penyelenggaraan pembayaran tagihan biaya pendidikan untuk mahasiswa UI, serta kegiatan lain yang disepakati oleh kedua institusi tersebut.

Prof. Ari mengatakan bahwa kerja sama UI dengan mitra di bidang e-commerce terus dikembangkan dan ditingkatkan terus.

"Shopee sebagai salah satu marketplace di Indonesia diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM dalam meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan era digitalisasi sebagai media promosi yang masif," katanya.

Ia berharap kerja sama dengan Shopee Indonesia dapat dibangun sinergi dalam pengembangan dan pembangunan ekonomi kerakyatan lokal/nasional UMKM di kampus UI guna menunjang target bersama dalam pemberdayaan UMKM di era digital.

Senada dengan Rektor UI, Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan Shopee memiliki komitmen dalam meningkatkan ekosistem teknologi Indonesia dengan mempercepat pengembangan digital dan menutup kesenjangan talenta-talenta muda, baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

"Kami bangga dapat berkolaborasi bersama salah satu kampus terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia, dalam memperluas dan memperdalam kompetensi talenta muda lokal yang kita miliki agar ke depannya dapat berkontribusi dalam pengembangan industri teknologi yang bermanfaat untuk masyarakat luas," ujarnya.

Baca juga: Tim Horay dan Arjuna FEB UI juara Shopee Ultimate Case Challenge

Ia berharap kerja sama ini dapat menjadi langkah awal yang sukses dan membuka kesempatan kolaborasi lainnya dalam pengembangan talenta muda Tanah Air.

Penandatanganan naskah NKB tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB (Dekan Fakultas Kedokteran), Prof. Dr. Riri Fitri Sari, M.Sc., MM. (Ketua UI GreenMetric), Andri Syahreza, M.H (Kasubdit Kerja Sama Bisnis, Direktorat Kerja Sama UI), Eko Sakapurnama, S.Psi., MBA (Kasubdit Kerja Sama Akademik dan Pemerintah, DKS UI), dan Radityo Triatmojo (Kepala Kebijakan Publik Shopee Indonesia).
Pewarta : Feru Lantara
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021