Di antara saham individu dan sektor, saham energi naik 1,7 persen dan bersiap untuk menghentikan penurunan beruntun tiga hari...
Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia bersiap untuk kenaikan terbesar mereka dalam hampir tiga bulan pada Selasa pagi, mengikuti reli semalam di Wall Street, karena investor memburu value stocks (saham yang harganya masih di bawah nilai intrinsiknya) yang diperkirakan akan berkinerja lebih baik seiring dengan pemulihan ekonomi.

Indeks acuan S&P/ASX 200 melonjak 1,2 persen menjadi diperdagangkan di 7.322,20 poin pada pukul 01.14 GMT, di jalur untuk hari terbaik sejak 31 Maret.

Di tempat lain, indeks Nikkei Jepang melambung 2,4 persen dan indeks berjangka E-mini S&P 500 naik 0,1 persen.

Baca juga: Saham Australia dibuka naik, terkerek penguatan saham teknologi

Saham-saham AS melonjak pada Senin (21/6/2021) karena investor membeli value stocks, dalam pembalikan tajam dari minggu lalu ketika sinyal hawkish Fed pada kebijakan moneter memicu putaran aksi ambil untung yang curam.

Di antara saham individu dan sektor, saham energi naik 1,7 persen dan bersiap untuk menghentikan penurunan beruntun tiga hari. Santos kelas berat dalam indeks menambahkan 2,8 persen.

Sektor keuangan naik 1,7 persen, dengan apa yang disebut bank "Empat Besar" menambahkan antara 1,1 persen dan 2,4 persen.

Baca juga: Saham Australia naik tipis terangkat keuntungan energi dan perbankan

Sektor pertambangan terangkat 1,6 persen, dengan BHP dan Rio Tinto masing-masing naik 2,1 persen dan 1,8 persen.

Namun pialang UBS menurunkan peringkat saham Rio Tinto menjadi "jual" meskipun memiliki arus kas bebas yang kuat saat ini dan pengembalian pemegang saham yang diharapkan, karena perkiraan pukulan pada harga bijih besi dari Fed yang hawkish dan kontrol China yang lebih ketat pada harga komoditas.

Subindex emas naik sebanyak 2,0 persen, mengincar hari terbaiknya sejak 11 Juni.

Penambang emas IGO adalah pemenang utama ASX200, setelah mengatakan persyaratan peraturan untuk restrukturisasi internal unit Australia dari Tianqi Lithium China untuk dilanjutkan sekarang terpenuhi. IGO berencana untuk menginvestasikan 1,4 miliar dolar Australia ke dalam unit lokal.

Perusahaan investasi Washington H. Soul Pattinson and Co Ltd mengatakan akan membeli rekan Milton seharga 4,05 miliar dolar Autralia, membuat saham terakhir naik hampir 17 persen.

Sementara itu, indeks acuan S&P/NZX 50 Selandia Baru naik 0,4 persen menjadi diperdagangkan pada 12.544,65. poin.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021