Jakarta (ANTARA) - Ekuador gagal memetik poin penuh saat diimbangi Venezuela 2-2 di menit-menit terakhir dalam pertandingan Grup B Copa America 2021 di Estadio Nilton Santos, Rio de Janeiro, Brazil, Senin, demikian catatan laman resmi FIFA.

Ekuador langsung mengancam saat laga baru berjalan empat menit. Tendangan kencang Leonardo Campana di dalam kotak penalti masih membentur bek Venezuela sehingga menghasilkan sepak pojok.

Setelah itu, Ekuador terus mendominasi permainan. Sedangkan Venezuela lebih banyak bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Peluang kembali didapat Ekuador di menit 25. Namun, tandukan Campana dari jarak dekat masih terlalu tinggi dari mistar gawang Venezuela kawalan Wuilker Farinez.

Baca juga: Kolombia menang tipis 1-0 atas Ekuador
Baca juga: Gara-gara tukang cukur, sejumlah pemain Chile terancam denda


Ekuador akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit ke-39. Berawal dari kemelut di depan gawang Venezuela setelah tendangan bebas Robert Arboleda, Eduar Preciado menerima bola dan melepaskan tendangan dari jarak dekat meluncur ke gawang Venezuela. Skor 1-0 untuk Ekuador.

Venezuela tampil mengejutkan dengan menyamakan skor di menit ke-51 melalui tandukan Edson Castillo dari tengah kotak penalti setelah menerima umpan silang Jose Martinez. Kedudukan imbang 1-1.

Venezuela coba menyerang. Namun, situasi ini justru mampu dimanfaatkan Ekuador untuk melancarkan serangan balik cepat.

Goncalo Plata membawa bola ke kotak penalti sebelum memberikan umpan kepada Christian Noboa yang melepaskan tendangan.

Bola muntah kemudian diterima Plata sebelum melepaskan tendangan dari jarak dekat yang menjadi gol di menit ke-70. Ekuador unggul 2-1.

Kemenangan Ekuador yang sudah di depan mata harus sirna di menit ke-90+1. Venezuela berhasil menyamakan skor menjadi 2-2 lewat tandukan Ronald Hernandez yang memanfaatkan umpan matang Edson Castillo.

Hasil ini membuat Venezuela menempati posisi ketiga Grup B dengan dua poin dari tiga laga. Sedangkan Ekuador di posisi keempat dengan satu poin dari dua pertandingan.

Baca juga: Argentina puncaki Grup A usai taklukkan Uruguay 1-0
Baca juga: Penyerang Bolivia disanksi dan denda karena kritik CONMEBOL


Susunan Pemain

Venezuela (5-4-1): Wuilker Farinez, Alexander Gonzalez, Jose Velazquez, Luis Martinez, Luis Del Pino, Yohan Cumana (Ronald Hernandez 77'), Jose Andres Martinez (Jan Hurtado 77'), Junior Moreno (Richard Celis 82'), Edson Castillo, Christian Casseres Jr (Bernardo Manzano 82'), Fernando Aristeguieta (Sergio Cordova 57').

Ekuador (4-4-2): Pedro Ortiz, Pervis Estupinan, Piero Hincapie, Robert Arboleda, Angelo Preciado, Eduar Preciado (Fidel Martinez 88'), Moises Caicedo, Jhegson Mendez (Christian Noboa 68'), Angel Mena (Gonzalo Plata 68'), Enner Valencia (Alan Franco 83'), Leonardo Campana.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021