Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket Indonesia diminta tak cepat puas meski telah memenuhi target dengan mengunci peringkat ketiga klasemen Grup A Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021.

Hasil tersebut didapat timnas Indonesia setelah mengalahkan Thailand 86-69 dalam windows ketiga Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Pampanga, Angeles City Foundation Gym, Filipina, Minggu.

“Kami salut dengan perjuangan tim selama di Filipina. Meski hasil di sana sesuai dengan apa yang kami rencanakan, tetapi kami berharap para pemain tidak puas diri,” kata Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi dalam siaran pers yang diterima pada Minggu.

“Masih ada perjuangan yang lebih berat di FIBA Asia Cup 2021. Kita harus terus bekerja keras dan menjaga kekompakan agar bisa mengamankan tiket ke FIBA World Cup 2023. PP Perbasi mendukung penuh apapun yang dibutuhkan timnas agar tampil maksimal di FIBA Asia Cup nanti.”

Baca juga: Indonesia tekuk Thailand 86-69 di kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Indonesia sebelumnya harus menelan kekalahan pada dua laga sebelumnya saat melawan Korea Selatan dan Filipina. Meski begitu, pelatih kepala timnas basket Indonesia Rajko Toroman mengatakan hasil tersebut sudah sesuai target yang ditetapkan.

“Target kami datang ke Filipina adalah memberikan perlawanan sengit kepada Korea Selatan dan Filipina dan mengalahkan Thailand. Kami bisa melakukan itu meski tidak mudah menghadapi Thailand,” kata pria yang akrab disapa coach Toro itu dalam konferensi pers virtual usai laga.

“Ini karena mereka memiliki permainan berbeda dengan tim lainnya yang menerapkan man to man. Mereka lebih mengedepankan zone press. Kami harus melakukan persiapan serius jika ingin memenangi pertandingan," kata pelatih asal Serbia itu menambahkan.

Baca juga: Indonesia kalah 51-76 dari Filipina di kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Dalam laga melawan Thailand, perjuangan timnas basket Indonesia sempat dikejutkan oleh tembakan tiga angka yang dilesakkan Wattana Suttisin pada menit awal.

Namun Indonesia langsung membalas dengan rentetan tripoin yang diciptakan masing-masing oleh Andakara Prastawa, Hardianus Lakudu, dan Abraham Damar Grahita untuk menutup kuarter pertama dalam keunggulan 21-18.

Pada kuarter kedua, Indonesia kembali menghujani Thailand dengan tembakan tiga angka untuk membawa skuad Garuda melejit unggul hingga 17 poin dan menutup paruh pertama pertandingan dengan skor 49-32.

Meski sempat mendapat serangan balasan di periode berikutnya, ketenangan dan kesabaran timnas Indonesia di kuarter keempat berbuah manis dan memastikan kemenangan Indonesia 86-69 atas Thailand.

“Dalam persiapan tim, kami melakukan banyak diskusi tentang cara Thailand menerapkan sistem bertahan. Kemudian mengaplikasikan di lapangan apa yang diinginkan pelatih dan tetap fokus sehingga kita bisa bermain lebih baik dari Thailand hari ini," pemain timnas basket Indonesia Agassi Yeshe Goantara.

Baca juga: Dewa United tunda grand launching akibat lonjakan kasus COVID-19

Apa pun hasil dari kualifikasi itu sejatinya tidak berpengaruh terhadap kepastian Indonesia tampil pada FIBA Asia Cup 2021 di Jakarta, 17-29 Agustus mendatang karena status Indonesia selaku tuan rumah.

Selain Indonesia, Filipina dan Korea Selatan juga dipastikan lolos dari Grup A. Sementara, Bahrain dan Lebanon bakal mewakili Grup D. Lalu, Syria dan Iran dari Grup E, sedangkan Jordania dan Kazakhstan sebagai perwakilan Grup F.

Baca juga: Pelatnas FIBA Asia Cup 2021 berlakukan promosi-degradasi
Baca juga: Timnas 3x3 putri bawa pulang setumpuk PR dari kualifikasi Olimpiade


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2021