Jakarta (ANTARA) - Rookie sensasional Pedro Acosta meraih kemenangan keempatnya musim ini setelah menjadi pebalap terdepan yang finis di Grand Prix Jerman, Sirkuit Sachsenring, Minggu.

Acosta mengawali balapan dari posisi start ke-13 namun mampu bertahan dalam rombongan utama dan perlahan-lahan memperbaiki posisinya.

Dengan enam lap tersisa dan sembilan pebalap di rombongan utama, sang pebalap tim Red Bull KTM Ajo mencoba breakaway dan bersaing ketat dengan Dennis Foggia berebut pimpinan lomba.

Baca juga: Kualifikasi MotoGP Jerman: Zarco hentikan rentetan pole Quartararo

Sementara itu, Gabriel Rodrigo gagal mempersembahkan poin untuk tim Indonesian Racing Gresini Moto3 setelah terjatuh di Tikungan 5 dengan 11 lap tersisa.

Rekan satu tim Rodrigo, Jeremy Alcoba bertahan di rombongan terdepan dan melancarkan serangan di lap terakhir demi finis P3 ketika Acosta menjadi pebalap terdepan yang finis hari itu mengalahkan pebalap tim CIP Green Power Kaito Toba sebagai runner-up.

Alcoba memarkirkan motornya di parc ferme dan bersiap untuk naik ke mimbar namun hanya untuk mendapati dirinya 'diusir' karena race director mengganjarnya dengan penalti karena sang pebalap kedapatan melaju di atas green dengan dua lap tersisa.

Alcoba harus menelan kecewa setelah posisi finisnya mundur ke P4 dan Foggia berhak untuk naik podium ke peringkat ketiga.

Dengan hasil tersebut, Acosta (145) memperlebar jaraknya sebagai pemuncak klasemen dengan keunggulan 55 poin dari Sergio Garcia (90), sedangkan Jaume Masia di peringkat tiga dengan 72 poin.

Alcoba naik satu posisi ke peringkat sepuluh klasemen dengan koleksi 52 poin, unggul satu poin atas Rodrigo, demikian laman resmi MotoGP.

Baca juga: Indonesian Racing Gresini sodok papan atas klasemen Moto3
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021