...Ayam dan telur merupakan salah satu solusi untuk persoalan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan imunitas tubuh terutama dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini,
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyerahkan 50 ribu butir telur ayam kepada masyarakat di Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, sebagai bagian dari kegiatan kampanye makan telur.

“Pemerintah berkomitmen untuk mendorong masyarakat meningkatkan konsumsi ayam dan telur. Ayam dan telur merupakan salah satu solusi untuk persoalan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan imunitas tubuh terutama dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini,” ujar Airlangga dalam sambutannya di Jatinom, Sabtu.

Pada kesempatan itu Airlangga didampingi Menteri Perindustrian, Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar), dan Direksi Bank Bank Negara Indonesia.

Baca juga: Airlangga ajak akademisi ambil peran dalam program Kartu Prakerja

Kegiatan tersebut dibukukan dalam Rekor MURI dengan kategori penyerahan telur ayam secara massal.

Menko Airlangga menyampaikan bahwa telur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang sayang jika dilewatkan seperti zat gizi tinggi, serta memiliki protein berkualitas tinggi.

Menurutnya, telur bukan hanya mudah diperoleh dan mudah diolah, tapi termasuk bahan makanan yang sarat akan nutrisi. Telur bahkan layak diklasifikasikan sebagai superfood atau makanan super karena kandungan zat gizinya.

Selain mengampanyekan makan telur, Airlangga juga menyampaikan pentingnya industri unggas bagi perekonomian Indonesia.

“Saat ini, industri unggas rakyat memiliki kontribusi nyata bagi sektor perekonomian dengan menyerap tenaga kerja sekitar 2 juta orang,” kata Airlangga.

Baca juga: Mentan dukung pembentukan korporasi industri unggas rakyat

Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintah berkomitmen untuk terus mengupayakan kesejahteraan peternak salah satunya melalui pengembangan korporasi perunggasan untuk meningkatkan kinerja industri unggas rakyat. Pemerintah juga memperhatikan tantangan yang dialami oleh industri perunggasan.

“Pemerintah akan mendorong industri perunggasan dan mendorong program-program percontohan. Berbagai tantangan di industri ini seperti fluktuasi harga jagung dan sistem peternakan harus segera diselesaikan,” tutur Airlangga.

Melalui kampanye makan telur tersebut, pemerintah berharap bisa meningkatkan konsumsi telur ayam di masyarakat yang tentunya akan mendukung pemulihan ekonomi Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Menko Airlangga juga membagikan masker dan kendaraan sampah untuk warga Kelurahan Jatinom. Tak luput juga mengajak warga Jatinom untuk senantiasa tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Saya ingatkan, pakai masker itu mengurangi risiko tertular COVID-19 sebesar 95 persen. Jadi disiplin adalah kuncinya,” kata dia.

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021