Kebersihan toilet di lokasi wisata menjadi salah satu misi yang diangkat dalam program Wonderful Ride ini dalam membantu mempromosikan pelaku wisata di daerah
Jakarta (ANTARA) - Wonderful Ride, sebuah konsep perjalanan bermotor menelusuri jalur wisata yang diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan toilet di destinasi wisata.

Ketua Satgas Jamban Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Pujo Priyono dalam keterangannya, Sabtu, mengatakan kegiatan Wonderful Ride selain melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) patut diapresiasi karena juga bertujuan meningkatkan kesadaran pengunjung untuik menjaga kebersihan toilet.

“Kebersihan toilet di lokasi wisata menjadi salah satu misi yang diangkat dalam program Wonderful Ride ini dalam membantu mempromosikan pelaku wisata di daerah,” katanya.

Baca juga: Wonderful Ride sambangi banyak destinasi wisata Jateng dan DIY

Menurut dia revitalisasi fasilitas umum berupa toilet yang bersih di lokasi wisata menjadi tujuan penting untuk membuat pengunjung lebih nyaman menikmati liburan.

“Mari kita jaga kebersihan toilet ini untuk membuat para wisatawan lebih banyak datang untuk membantu perekonomian di sektor pariwisata kembali bangkit dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujar Pujo.

Rombongan Wonderful Ride dengan Gerakan Bersama Komunitas (GeBer Komunitas) yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif turut menyosialisasikan penerapan CHSE di lokasi wisata yang dilewati.

Selama dua hari perjalanan bermotor atau touring Wonderful Ride telah mengunjungi beberapa destinasi wisata di Jawa Tengah dan Yogyakarta selama 15-17 Juni 2021.

Langkah ini diharapkan bisa membantu memulihkan kembali dunia pariwisata yang terdampak pandemi COVID-19.

Dengan mengajak selebritas Tora Sudiro dan Darius Sinathrya, perjalanan dimulai dari daerah Batang untuk singgah di Forest Kopi dilanjutkan ke Telaga Warna di kawasan Dieng Park sekaligus meninjau fasilitas toilet bersama Satgas Jamban Jawa Tengah.

Selama di Dieng, rombongan juga menikmati berbagai fasilitas seperti pemandian air panas D’Qiano serta kudapan khas daerah Wonosobo.

Baca juga: Sandiaga Uno ajak komunitas otomotif perkuat CHSE saat berwisata

Dari Dieng, acara yang ikut didukung oleh Mitsubishi Motors Indonesia, PT Pegadaian (Persero), Adira Insurance, Yellow Corn Indonesia, RRMF, Riderspot, Riple Motorental, Benelli Motor Indonesia, Belajar Helm dan LA 32 Riders melanjutkan perjalanan ke Temanggung.

Desa Wisata Posong menjadi tujuan berikutnya di mana di kawasan yang memiliki pemandangan indah di antara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro, Tora Sudiro dan Darius Sinathrya juga meresmikan fasilitas toilet dilanjutkan dengan penanaman pohon.

Darius Sinathrya mengungkapkan bahwa menjaga ekosistem di dunia pariwisata agar terus berkesinambungan perlu kolaborasi dari pemerintah, pelaku wisata termasuk dengan komunitas motor.

“Mereka bisa menemukan jalur touring dengan panorama alam indah sehingga bisa membuat masyarakat untuk datang ke lokasi tersebut. Melalui Wonderful Ride GeBer Komunitas, kami juga datang untuk sosialisasi CHSE di lokasi wisata agar selama pandemi ini tetap bisa dikunjungi oleh para wisatawan,” kata Darius.

Tora Sudiro mengatakan bahwa keberadaan dan kebersihan fasilitas umum di lokasi wisata adalah salah satu kunci sebuah destinasi tersebut layak dikunjungi.

“Saya termasuk orang yang sangat peduli dengan kebersihan toilet karena itu sangat mengapresiasi langkah Satgas Jamban dalam menjaga kebersihan toilet di lokasi wisata. Dengan adanya Wonderful Ride ini, saya berharap semua kawasan wisata di seluruh Indonesia bisa berbenah untuk pemulihan ekonomi salah satunya turut dibantu oleh komunitas motor,” ujar Tora.

Dari Desa Wisata Posong, perjalanan rombongan menuju Magelang yakni Desa Wisata Tuksongo Borobudur dan dilanjutkan dengan talkshow Kolaborasi Komunitas Kreatif untuk Mendorong Industri Pariwisata di Masa Pandemi dan Penerapan CHSE.

Selain menghadirkan Tora Sudiro dan Darius Sinathrya, diskusi ini juga mengajak pelaku seperti seniman Didik Nini Thowok, Nasrullah Larada, pebisnis apparel Reyner Christian serta pembicara dari Dinas Pariwisata DI Yogyakarta.

Materi meliputi sertifikasi CHSE dan bagaimana cara mendapatkannya serta hal-hal berkaitan dengan strategi pemasaran di media sosial.

Pada hari terakhir, perjalanan Wonderful Ride yakni menyambangi Dapoer Khayangan di Kulon Progo untuk sarapan di restoran milik Didik Nini Thowok lalu menuju Kejawa dan Kopi Tempuran sebelum akhirnya kembali ke Jakarta.

Seluruh peserta rombongan Wonderful Ride juga sebelum berangkat dan sesudah touring melakukan tes swab untuk memastikan semuanya sehat.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021