...The Fed akan membiarkan inflasi yang lebih besar dan lebih lama, dan saya pikir dengan peningkatan dalam dot plot kemarin ...
New York (ANTARA) - Saham-saham AS bervariasi pada penutupan perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), ketika Wall Street terbebani pernyataan kebijakan terbaru Federal Reserve (Fed), namun keyakinan akan kekuatan pemulihan ekonomi mendorong investor ke saham sektor teknologi AS dan mendorong Nasdaq lebih tinggi.

Indeks Dow Jones Industrial Average merosot 210,22 poin atau 0,62 persen, menjadi menetap di 33.823,45 poin. Indeks S&P 500 kehilangan 1,84 poin atau 0,04 persen, menjadi berakhir pada 4.221,86 poin. Indeks Komposit Nasdaq ditutup terangkat 121,67 poin atau 0,87 persen, menjadi 14.161,35 poin.

Tujuh dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir di zona hijau, dengan sektor teknologi menguat 1,17 persen, memimpin kenaikan. Sementara sektor energi tergelincir 3,49 persen, menyusul penurunan tajam harga minyak, menjadikannya kelompok dengan kinerja terburuk.

Penurunan marjinal adalah penyelesaian negatif ketiga Indeks S&P berturut-turut, sementara Indeks Dow Jones - dengan penurunan yang lebih jelas - membukukan penutupan lebih rendah keempat berturut-turut.

Baca juga: Dolar naik ke tertinggi 2 bulan, pasca-Fed proyeksikan suku bunga naik

Indeks Nasdaq berakhir 13 poin dari rekornya pada Senin (14/6/2021), tetapi itu masih merupakan penutupan tertinggi kedua indeks yang pernah ada.

Banyak investor masih memproses pesan hawkish Federal Reserve yang tak terduga tentang kebijakan moneter dari hari sebelumnya, yang memproyeksikan kenaikan suku bunga pertama pasca-pandemi pada tahun 2023.

Pejabat Fed mengutip prospek ekonomi yang membaik ketika ekonomi AS pulih dengan cepat dari pandemi, dengan pertumbuhan keseluruhan diperkirakan mencapai 7,0 persen tahun ini. Sementara berhati-hati untuk tidak menggagalkan pemulihan - tanpa akhir yang terlihat untuk langkah-langkah kebijakan yang mendukung seperti pembelian obligasi - sinyal kenaikan suku bunga menyoroti kekhawatiran tentang inflasi.

Baca juga: Harga minyak anjlok dari tertinggi multitahun, dipicu penguatan dolar

"Saya pikir ada skenario yang dipikirkan orang, bahwa The Fed akan membiarkan inflasi yang lebih besar dan lebih lama, dan saya pikir dengan peningkatan dalam dot plot kemarin ... orang memikirkan kembali skenario itu," kata Kepala Ekuitas untuk Amerika di UBS Global Wealth Management, David Lefkowitz.

Saham-saham teknologi, yang umumnya berkinerja lebih baik ketika suku bunga rendah, mendorong reli di Wall Street tahun lalu karena investor berbondong-bondong ke saham yang dianggap relatif aman selama masa gejolak ekonomi.

Investor kembali ke posisi seperti itu pada Kamis (17/6/2021). Pembuat chip Nvidia Corp melonjak 4,8 persen, membukukan rekor penutupan keempat berturut-turut, setelah Jefferies menaikkan target pada harga sahamnya.

Sementara itu saham Apple Inc, Microsoft Corp, Amazon.com Inc, dan Facebook Inc, terlepas dari penurunan premarket untuk naik antara 1,3 persen dan 2,2 persen karena investor bertaruh bahwa rebound ekonomi yang stabil akan meningkatkan permintaan untuk produk mereka dalam jangka panjang.

Baca juga: Harga emas terjungkal 86,6 dolar, dipicu pengumuman bank sentral AS

Saham-saham bank yang sensitif terhadap suku bunga merosot 4,3 persen karena imbal hasil obligasi pemerintah AS yang bertenor lebih lama turun.

Penguatan dolar, produk sampingan lain dari berita Fed hari sebelumnya, mendorong harga minyak AS turun dari tertinggi multi-tahun yang dicapai awal pekan ini. Indeks energi, pada gilirannya, anjlok 3,5 persen, penghambat terbesar di antara 11 sektor utama S&P.

Saham sensitif ekonomi lainnya, termasuk bahan dan industri, masing-masing turun 2,2 persen dan 1,6 persen karena data menunjukkan klaim pengangguran naik minggu lalu untuk pertama kalinya dalam lebih dari sebulan. Namun, PHK tampaknya mereda di tengah pembukaan kembali ekonomi dan kekurangan orang yang mau bekerja.

Baca juga: IHSG ditutup merosot, tertekan naiknya ekspektasi inflasi di AS
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021