mencontohkan daerah-daerah dengan capaian vaksinasinya baik
Denpasar (ANTARA) -
Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono mengapresiasi vaksinasi COVID-19 bagi lansia di Bali dengan capaian 93 persen.
 
"Kami melakukan percepatan vaksinasi seluruh nusantara, Bali adalah salah satu contoh pelaksanaan vaksinasi bisa berjalan dengan baik, sudah ada yang mencapai 93 persen di Bali, bagaimana peran masyarakat dan pemerintah kemudian dari TNI-Polri bekerja sama. Kami upayakan terutama di tempat-tempat yang capaian vaksinasinya masih kurang," kata Wamenkes saat ditemui di Denpasar, Bali, Kamis.
 
Ia menjelaskan bahwa secara nasional jumlah penduduk lansia di Indonesia sebanyak 27,1 juta artinya 10 persen dari jumlah penduduk. Kemudian, pada tahun 2025 Indonesia akan punya 33,7 juta artinya 11,8 persen dari seluruh penduduk.
 
"Pada peringatan Hari Lansia Nasional ini, mengingatkan kita bahwa lansia mempunyai peranan penting untuk sisi demografi di Indonesia. Kita akan memasuki usia lansia. Kondisi tubuh dan fisik lansia semakin lemah dan ini menjadi tantangan supaya lansia bisa sehat," katanya.
 
Secara nasional, 74 persen lansia bisa melakukan kegiatan secara mandiri dan produktif dalam bekerja. Kemudian, 90 persen diantara mereka tinggal di lingkungan keluarga. Sehingga memastikan lansia bisa produktif dan sehat menjadi tanggung jawab bersama.
Kemenkes juga memberikan penghargaan pada gerakan vaksinasi lansia, dengan capaian vaksinasinya tinggi, yaitu Bali, Riau, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Jawa Tengah, Yogyakarta.
 
"Memang kondisi pada lansia banyak kendalanya, salah satunya mobilisasi karena pada lansia itu harus datang ke tempat vaksinasi menjemput bola di mana lansia tinggal. Kami upayakan maksimal dan mencontohkan daerah-daerah dengan capaian vaksinasinya baik," katanya.
 
Sementara itu, Plt. Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat  Kartini Rustandi mengatakan puncak Hari Lansia Nasional dilaksanakan di Provinsi Bali karena Bali memiliki populasi lansia cukup besar yaitu 11,58 persen dari penduduknya.
 
"Bali memiliki populasi lansia cukup besar 11,58 persen dari penduduknya, dan juga Bali merupakan lokasi pemodelan program perawatan jangka panjang yang dilakukan bersama Bappenas Kemenkes yang juga mendapat komitmen dari Pemerintah Provinsi Bali," katanya.

Baca juga: Wamenkes: Kasus COVID-19 kelompok Lansia cenderung naik usai Lebaran

Baca juga: Menkes ingatkan kepala daerah prioritaskan vaksinasi untuk lansia

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021