Anji beli ganja di situs di luar negeri

Anji beli ganja di situs di luar negeri

Musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji (baju hijau) dihadirkan oleh Satres Narkoba Polres Metro Jakarta Barat dalam ekspos kasus penyalahgunaan narkotika jenis ganja oleh mantan vokalis band tersebut. ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

Jakarta (ANTARA) - Penyidik Polres Metro Jakarta Barat mengungkapkan musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji membeli ganja melalui situs yang terdaftar di luar negeri.

"Menurut yang bersangkutan mendapatkan barang (ganja) tersebut dari situs yang berada di luar yaitu website megamarijuanastore.com," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo dalam jumpa pers Mapolres Metro Jakarta Barat, Rabu.

Baca juga: Anji terancam hukuman 12 tahun penjara terkait penyalahgunaan narkoba

Pihak kepolisian kemudian melakukan pemeriksaan terhadap situs megamarijuanastore.com dan situs tersebut diduga terdaftar di Amerika Serikat.

"Situs yang diduga berada di wilayah Amerika Serikat," tambahnya.

Kemudian untuk melakukan pembelian ganja di situs tersebut, penggunanya harus mempunyai id atau akun di situs tersebut.

Oleh karena itu Anji meminta kepada seseorang yang berinisial BRO yang mempunyai akun di situs tersebut, untuk melakukan pembelian ganja yang kemudian akan diserahkan ke Anji.

Baca juga: Musisi Anji miliki 30 gram ganja

"Dia lah yang memiliki id, yang bersangkutan tinggal memilih jenisnya. Nanti saudara BRO yang memesan dan diserahkan kepada yang bersangkutan," ujarnya.

Meski demikian Ady belum menjelaskan lebih lanjut mengenai hubungan Anji dengan BRO yang saat ini masih dalam pengejaran oleh penyidik Polres Metro Jakarta Barat.

Ady menjelaskan Anji ditangkap pada Jumat (11/6) sekitar pukul 19.30 WIB di studionya kawasan Cibubur, Jakarta Timur.

Dalam penangkapan itu petugas menyita barang bukti berupa delapan linting ganja dan satu plastik klip berisi ganja di Cibubur.

Baca juga: Anggota DPR minta Polri transparan barang bukti penangkapan narkoba

Saat diperiksa petugas, Anji mengaku mempunyai lokasi penyimpanan ganja di Bandung, Jawa Barat dan saat digeledah polisi menemukan delapan plastik klip berisi biji ganja dan satu toples berisi batang ganja.

Kemudian saat dilakukan pemeriksaan intensif, Anji mengaku telah menggunakan ganja sejak September 2020.

"Menurut yang bersangkutan barang itu digunakan supaya bisa rileks untuk bisa produktif mungkin dari hal-hal yang bersangkutan sebagai seorang seniman," ujar Ady.

Saat ini Anji telah resmi menyandang tersangka dalam perkara penyalahgunaan narkotika jenis ganja.

Saat ini, Anji menjalani penahanan di Rumah Tahanan Polres Metro Jakarta Barat. Pihak kepolisian juga telah melakukan tes usap antigen COVID-19 terhadap Anji dan hasilnya menyatakan yang bersangkutan negatif COVID-19.
Pewarta : Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021