Sebanyak 3.625 peserta SBMPTN lulus masuk USK

Sebanyak 3.625 peserta SBMPTN lulus masuk USK

Rektor USK Prof Samsul Rizal

Banda Aceh (ANTARA) - Sebanyak 3.625 peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dari 23.862 peserta dinyatakan lulus di Universitas Syiah Kuala, kata pejabat setempat.

Rektor USK Prof Samsul Rizal di Banda Aceh, Senin, mengatakan SBMPTN USK sebenarnya memiliki kuota sebanyak 3.663 orang, namun beberapa program studi USK yang ada di Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU) Gayo Lues tidak terpenuhi kuota karena sepi peminatnya.

“Kuota PSDKU yang tidak terpenuhi ini akan ditambahkan ke kuota jalur mandiri, sehingga kesempatan bagi anak-anak kita untuk kuliah di USK lebih besar,” kata Rektor.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) telah mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2021. Pengumuman hasil SBMPTN ini dapat dilihat pada laman resmi LTMPT atau https://sbmptn.unsyiah.ac.id/.

Baca juga: Ketua MPR apresiasi USK atas pembinaan mahasiswa asal Papua

Baca juga: USK sediakan kuota 30 persen melalui jalur mandiri

Rektor menjelaskan pendidikan Dokter USK masih menjadi yang tertinggi peminatnya yaitu sebesar 1.785 peserta dan selanjutnya, prodi Farmasi sebanyak 1.431 peserta, Ilmu Hukum sebanyak 1.199 dan Informatika sebanyak 1.107.

Rektor mengingatkan bagi peserta yang telah dinyatakan lulus diminta untuk melakukan tahapan penting proses pendaftaran ulang seperti pengisian biodata Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB), Orientasi Sistem Informasi Kampus (Osimpus), tes kesehatan, pemotretan kartu mahasiswa, kelas perpustakaan, dan juga verifikasi data akademik lainnya.

Informasi lengkap terkait tahapan pendaftaran masuk perguruan tinggi tersebut, peserta dapat melihatnya pada website unsyiah.ac.id. atau dapat menghubungi Humas USK pada nomor 08116752000 dan Unit Layanan Terpadu (ULT) USK pada nomor 08116701962.

Rektor berharap bagi peserta yang tidak lulus SBMPTN untuk tidak patah semangat, karena mereka masih bisa masuk perguruan tinggi melalui jalur mandiri, yang merupakan jalur terakhir untuk masuk perguruan tinggi negeri.

Ada pun proses pendaftaran jalur mandiri ini telah dibuka sejak tanggal 17 Mei hingga 21 Juni 2021 pukul 16:00 WIB. Informasi lengkap untuk jalur Mandiri ini dapat diakses pada website https://smmptnbarat.id/ atau Unsyiah.ac.id.

“Bagi yang gagal di SBMPTN, silakan mendaftar jalur mandiri yang merupakan jalur terakhir masuk perguruan tinggi negeri. Gunakan kesempatan tersebut sebaik mungkin untuk mewujudkan cita-cita kalian di masa depan,” kata Rektor.

Ia menambahkan pada tahun ini USK menyediakan kuota untuk jalur mandiri sebesar 30 persen, sementara untuk dua jalur lainnya yaitu Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebesar 25 persen dan SBMPTN sebesar 45 persen.*

Baca juga: Kementan ajak Universitas Syah Kuala kembangkan Kopi Gayo

Baca juga: Penelitian awal gempa Samosir digagas bersama BMKG-USK-Aceh Besar

Pewarta : M Ifdhal
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021