Poltrada Bali buka pendaftaran calon taruna jalur mandiri

Poltrada Bali buka pendaftaran calon taruna jalur mandiri

Direktur Poltrada Bali Bambang Wijonarko (tengah) saat memberikan keterangan terkait penerimaan jalur mandiri Poltrada Bali (Antaranews Bali/Rhisma/2021)

Denpasar (ANTARA) - Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali membuka pendaftaran taruna untuk jalur mandiri mulai 19 Juni 2021.

"Dibukanya pendaftaran calon taruna jalur mandiri ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan SDM transportasi, khususnya di bidang logistik pada sektor dunia usaha maupun industri di Tanah Air yang masih minim," kata Direktur Poltrada Bali Bambang Wijonarko di Denpasar, Senin.

Pendaftaran taruna jalur mandiri Poltrada Bali yang merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dibuka pendaftarannya dari 19 Juni-31 Juli 2021 untuk Program Studi Diploma III Manajemen Logistik (non ikatan dinas) dengan kuota penerimaan mahasiswa sebanyak 48 orang.

Program Studi Diploma III Manajemen Logistik merupakan satu-satunya program studi di bidang logistik pada Kementerian Perhubungan yang telah memiliki kerja sama Pengembangan SDM dengan Asosiasi Pengusaha Logistik (DPP ALFI) serta dukungan tenaga pengajar dari profesional bidang logistik (ALFI Institute).

Wijonarko mengatakan pasar logistik di Indonesia adalah pasar terbesar kedua di dunia. Menurut Data dari ALFI (Asosiasi Logistik Forwarder Indonesia) menyebutkan potensi bisnis transportasi dan logistik sangat besar hingga mencapai 267,79 miliar dolar AS pada 2016.

Terlebih industri logistik merupakan salah satu industri yang tetap stabil pada masa pandemi, bahkan cenderung meningkat. "Oleh sebab itu, ini merupakan peluang yang sangat bagus bagi para lulusan SMA/SMK/MA yang pingin berkarir di dunia industri ke depannya," ucapnya.

Wijonarko mengemukakan, beberapa profil lulusan DIII Manajemen Logistik yang diselenggarakan Poltrada Bali antara lain nantinya dapat bertugas dalam perencanaan rute keselamatan jalur logistik dan penelaah tarif angkutan barang dan multimoda dengan berbagai moda transportasi.

Kemudian, pengelolaan pergudangan, mampu menangani pekerjaan dan permasalahan distribusi, transportasi, warehousing, cargo & shipping, inventory, purchasing/procurement, goods inspections, layanan Informasi logistik, layanan pelanggan, dan perdagangan internasional.

Selanjutnya, pengawas angkutan logistik, asisten peneliti, pusat penelitian dan pengembangan manajemen transportasi multimoda dan penelaah angkutan multimoda dan "logistic centre" dan sebagainya.

Dengan dibukanya Program Studi Diploma III Manajemen Logistik ini menjadi harapan baru bagi masyarakat khususnya orang tua maupun anak muda yang menginginkan sekolah/kampus yang berkualitas dan memiliki kompetensi pengetahuan, keterampilan dan karakter yang baik.

"Pada akhirnya setelah lulus pendidikan atau kuliah dapat langsung bekerja/ berkarier di dunia industri," ucapnya.

Oleh karena pendidikan vokasi, perkuliahan di Poltrada Bali seluruhnya dilaksanakan secara tatap muka karena memerlukan banyak kegiatan praktik dengan penerapan protokol kesehatan ketat di kampus yang berlokasi di Jalan Cempaka Putih, Desa Samsam, Kabupaten Tabanan (Kampus I) dan Jalan Batuyang 109x Batubulan, Sukawati, Gianyar (Kampus II).

Informasi lebih detail mengenai syarat dan proses pendaftaran dapat diakses di web : http://ptb.poltradabali.ac.id/ atau hubungi kontak di 0812145212483, 087853557843, 081237764002.

Baca juga: Tol Laut trayek T-19 jadi kunci sukses distribusi beras di Papua
Baca juga: Kemenhub kampanyekan budaya keamanan penerbangan dan bandara
Pewarta : Ni Luh Rhismawati
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021