Positif COVID-19 di Mukomuko bertambah 26 orang

Positif COVID-19 di Mukomuko bertambah 26 orang

Ilustrasi - Kepala Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko menerima penyuntikan vaksin COVID-19. ANTARA/HO-Pemkab Mukomuko

Mukomuko (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyebutkan, jumlah kasus positif COVID-19 saat ini bertambah 26 orang, sehingga jumlah totalnya menjadi 903 orang.

“Ada lagi penambahan sebanyak 26 orang positif COVID-19 yang tersebar di enam kecamatan di daerah ini,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko, Senin.

Bustam Bustomo, yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko mengatakan hal itu terkait dengan perkembangan jumlah kasus konfirmasi positif COVID-19 di daerah ini sejak beberapa hari terakhir.

Ia menyebutkan dari sebanyak 26 kasus positif COVID-19, sebanyak delapan kasus di antaranya dari Kecamatan Penarik, lima kasus dari Kecamatan Teras Terunjam, lima kasus dari Kecamatan Sungai Rumbai, tiga kasus dari Kecamatan Ipuh, tiga kasus dari dari Kecamatan Air Manjuto, dan dua dari Kecamatan Kota Mukomuko.

Dari sebanyak 26 kasus positif COVID-19 di daerah tersebut, sebanyak 16 orang pasien COVID-19 di antaranya tanpa gejala dan sebanyak 10 orang mengalami berbagai gejala, yakni demam, lemah, batuk, pilek, penciuman berkurang, pusing, sakit tenggorokan, sakit kepala.

Kemudian riwayat kontak 19 dari 26 kasus COVID-19 di daerah ini, katanya, pernah kontak erat dengan pasien COVID-19 dan tujuh kasus COVID-19 belum diketahui riwayat kontaknya sampai sekarang.

Baca juga: Mukomuko berupaya atasi lonjakan kasus COVID-19
Baca juga: Tiga kecamatan di Mukomuko zona merah COVID-19


Ia mengatakan, kini sebanyak 23 pasien COVID-19 tersebut menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing dan tiga pasien dirawat di RSU Aisyiyah, RSU Rasidin dan RSUD Mukomuko guna mencegah terjadinya penyebaran virus corona di daerah ini.

Tenaga kesehatan, baik dari Dinas Kesehatan maupun sejumlah puskesmas yang tersebar di enam kecamatan di daerah ini akan terus melakukan penelusuran riwayat kontak 26 warga setempat yang telah dinyatakan positif COVID-19 tersebut.

Ia menyebutkan, hingga kini jumlah total spesimen yang telah diperiksa sebanyak 4.604 sampel, jumlah total spesimen yang dinyatakan positif COVID-19 ada 903 orang dan 24 orang di antaranya yang meninggal dunia. 

Baca juga: Jumlah kasus aktif COVID-19 di Mukomuko berkurang jadi 62
Baca juga: Polisi bubarkan pengunjung tempat wisata di Mukomuko
Baca juga: Polisi larang tempat wisata di Mukomuko dibuka
Pewarta : Ferri Aryanto
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021