Ketua DPR tinjau pembangunan Pasar Legi Solo yang terbakar pada 2018

Ketua DPR tinjau pembangunan Pasar Legi Solo yang terbakar pada 2018

Ketua DPR RI Puan Maharani (tengah), Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono (kiri), dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kanan) meninjau pembangunan Pasar Legi, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (12-6-2021). ANTARA/dokumentasi pribadi/Puan Maharani

Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani meninjau perkembangan pembangunan kembali Pasar Legi di Solo, Jawa Tengah, Sabtu, setelah tempat itu terbakar habis pada 2018.

"Pembangunan pasar ini ditargetkan selesai Oktober 2021, kemudian akan diserahterimakan dengan Pemerintah Kota Solo," kata Puan saat memeriksa pembangunan Pasar Legi, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta.

Puan berharap para pedagang dapat menempati bangunan pasar yang baru pada bulan Novemver 2021. Setelah pasar terbakar, para pedagang sampai saat ini masih menempati bangunan darurat.

"Ini salah satu pasar terbesar di Solo, menampung dua ribuan pedagang. Tadi saya tanya, nanti saat pindah ke sini apakah para pedagang sudah dikondisikan dalam menentukan kios dan losnya. Insyaallah sudah beres," kata Puan, yang saat itu meninjau pembangunan pasar bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono serta Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Ketua DPR Puan Maharani tinjau pembangunan Pasar Legi Solo

Dalam kunjungan itu, Puan juga meminta Pemkot Surakarta untuk memvaksin seluruh pedagang sebelum nantinya mereka melanjutkan kegiatan di bangunan pasar yang baru.

"Alhamdulilah, semua pedagang yang akan masuk pasar ini sudah divaksin. Penetapan protokol kesehatannya tetap dijalankan karena ini penting," kata Puan meneruskan jawaban dari Wali Kota.

Puan akan kembali mengunjungi Pasar Legi untuk acara peresmian bangunan baru.

Dalam kunjungan kerja di Solo, Puan didampingi oleh Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto dan Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI Bambang Wuryanto, serta Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris dan Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dolfie O.F.P.

Tidak hanya mengujungi Pasar Legi, Puan juga datang ke Balai Kota Surakarta untuk melihat langsung pelaksanaan vaksinasi COVID-19 massal.

Usai kegiatan itu, Puan melanjutkan kunjungan ke daerah sekitar Solo untuk bertemu perwakilan kelompok petani dan peternak.

Dalam pertemuan bersama petani itu, Puan menyerahkan bantuan berupa sepeda motor roda tiga, paket gemar makan ikan, pompa air, bibit ikan dan pakan, bibit tanaman produktif, antara lain alpukat, jambu kristal, dan klengkeng.

Baca juga: Pemerintah targetkan pembangunan Pasar Legi selesai tahun ini
Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021