Jakarta (ANTARA) - Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas yang dibangun Kementerian Ketenagakerjaan membuka berbagai jenis pelatihan vokasi yang menarik untuk mempersiapkan tenaga kerja yang berkompeten dan berdaya saing.

Berbagai jenis kejuruan akan terus dikembangkan sesuai kebutuhan dan potensi daerah masing-masing, diantaranya adalah spa therapist, kuliner, pembuatan konten film dan youtuber, barista, animasi, dan lainnya.

“Sejumlah BLK Komunitas di kawasan Danau Toba, Borobudur, Mandalika dan Labuan Bajo akan dibangun khusus untuk kejuruan spa. Untuk mempersiapkan jurusan baru itu, Kemnaker telah bekerja sama dengan Martha Tilaar, Mustika Ratu, Wardah dll," Kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Salah satu kejuruan baru yang menjadi andalan Kemnaker dalam mendukung sektor pariwisata adalah kejuruan spa therapist. Kejuruan spa atau traditional healing ini akan dapat melayani pasar tenaga kerja dalam negeri, luar negeri maupun wira usaha sehingga peluang bagi lulusannya untuk bekerja menjadi lebih besar.

Baca juga: Hadapi bonus demografi, Kemenaker perkuat vokasi di BLK Komunitas

Baca juga: Gus AMI: BLK Komunitas jadi solusi ciptakan SDM unggul dan siap kerja


Menaker Ida mengatakan dalam pelatihan spa di BLK Komunitas ini, para siswa akan diajarkan bagaimana meramu bahan-bahan ramuan tradisional, memijat, totok wajah, refleksi, lulur, creambath hingga menyambut tamu dan menjaga kebersihan dan kenyamanan ruangan spa.

“Spa merupakan layanan jasa penunjang pariwisata. Indonesia kaya dengan memanfaatkan rempah-rempah dan bahan.jamu-jamuan. Lama pelatihan sekitar 1,5 bulan. Nanti setelah lulus pelatihan para siswa akan menerima sertifikat yang sudah disiapkan dan didampingi untuk penempatan kerjanya, kata Menaker Ida.

Selain itu, ada juga pelatihan kuliner yang merupakan sub industri jasa yang akan tetap eksis sepanjang masa. Sepanjang manusia tetap butuh makanan, maka usaha kuliner tetap menjanjikan sehingga pelatihan ini banyak diminati oleh peserta pelatihan di BLK komunitas

“Melalui BLK Komunitas bidang kuliner, keahlian-keahlian membuat beraneka masakan pun diajarkan. Mau belajar masakan internasional, ada. Aneka kreasi pasta, pizza, dimsum, sushi, kimchi dan selera manca negara lainnya, bisa diajarkan di BLK Komunitas, “ kata Menaker Ida.

Dalam pelatihan jurusan kuliner, peserta pelatihan belajar membuat kue, cake, pastry, hingga bagaimana platting atau menghidangkan makanan dengan cantik, juga bisa dipelajari di BLK Komunitas.*

Baca juga: Kemnaker gelar Rembuk Nasional Vokasi dan Kewirausahaan BLK Komunitas

Baca juga: BSI dan Kemenaker perkuat Balai Latihan Kerja Komunitas


Pewarta: Indriani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021