Depok (ANTARA) - Pemerintah Kota Depok Jawa Barat mendapatkan bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling (MPK) dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) untuk meningkatkan minat baca dan literasi di kalangan warga Depok.

"Terimakasih, Pak Wali Kota Depok yang menugaskan saya ke Perpusnas sehingga saya mendapatkan satu unit mobil perpustakaan keliling untuk warga Depok,” kata Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono di Depok, Jumat.

Bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling ini, ia harap bisa bermanfaat bagi warga Kota Depok yang ingin menambah ilmu pengetahuan melalui membaca buku. "Dengan satu unit mobil baca ini literasi di kota meningkat," harapnya.

Imam Budi Hartono yang biasa disapa IBH berdoa agar mobil perpustakaan keliling ini bermanfaat bagi Kota Depok di mana berada.

Baca juga: Angkut ribuan buku, Satgas RI-Timor Leste buka perpustakaan keliling

Baca juga: Warga Jakpus kini bisa pinjam dan sumbang buku di Taman Lembang


Selain mendapatkan bantuan satu unit mobil, pemerintah Kota Depok mendapatkan tiga paket taman baca masyarakat dari Perpunas.

“Selain mobil kami juga dapat 3 paket TBM taman bacaan masyarakat dari perpusnas," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Jawa Barat, Siti Chaerijah menyatakan minat baca warga Kota Depok setiap tahunnya meningkat.

"Untuk minat membaca pada tahun 2018 sebesar 63,94 persen, 2019 naik menjadi 64,88 persen, dan 2020 naik menjadi 66,37 persen," kata Siti Chaerijah.

Menurutnya, gemar dan minat baca pada anak-anak ditentukan juga oleh faktor lingkungan. Jika memang minat baca sudah ditumbuhkan sejak dini, diharapkan dapat terbentuk budaya membaca.*

Baca juga: Askrindo serahkan becak pustaka bertenaga listrik di Yogyakarta

Baca juga: Saat pandemi, perpustakaan keliling dibuka TNI di perbatasan RI-PNG

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021