1.000 pedagang Pasar Sleman-DIY jalani vaksinasi COVID-19

1.000 pedagang Pasar Sleman-DIY jalani vaksinasi COVID-19

Salah seorang pedagang di Pasar Sleman mengikuti vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan di GOR Pangukan Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta(DIY), Rabu (9/6/2021). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman

Sleman, DIY (ANTARA) - Sekitar 1.000 pedagang Pasar Sleman 1 dan Pasar Sleman 2, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menjalani vaksinasi COVID-19 dosis pertama di GOR Pangukan Sleman, Rabu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman Mae Rusmi Suryaningsih mengatakan setelah pelaksanaan vaksinasi selesai, pedagang pasar saat berajulan di pasar harus menunjukkan kartu vaksin guna memastikan bahwa pedagang sudah divaksin.

"Kami juga merencanakan vaksinasi di 11 lokasi selama Juni 2021 dengan menggunakan vaksin AstraZeneca," katanya.

Ia mengatakan, setelah vaksinasi pedagang Pasar Sleman, kemudian akan dilanjutkan dengan para pedagang Pasar Prambanan yang akan divaksin pada 14-15 Juni 2021.

"Sampai saat ini ada sekitar 1.451 orang yang akan menerima vaksin. Termasuk didalamnya petugas parkir, buruh pasar, hingga penjaga toilet pasar," katanya.

Mae mengakui saat ini sudah terdaftar sekitar 10.000 pedagang pasar dari kurang lebih 12.000 orang pedagang pasar seluruh pasar di Kabupaten Sleman.

"Sisanya adalah pedagang keliling atau pemasok sayuran dari luar, harapannya juga bisa ikut vaksin sehingga semuanya bisa ter-'screening' dengan menunjukkan kartu vaksin," katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di GOR Pangukan mengatakan, kegiatan vaksinasi tersebut sebagai usaha pemerintah untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pedagang dan pembeli saat melakukan transaksi jual beli.

Sebelumnya sudah ada tiga pasar tradisional yang telah dilaksanakan vaksinasi yaitu Pasar Depok, Gentan dan Sambilegi.

"Harapannya setelah pelaksanaan vaksinasi sukses dilakukan, dapat meningkatan pertumbuhan ekonomi di masa pandemi," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Kustini juga berkesempatan untuk membagikan masker sebagai cara agar masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Meski sudah divaksin, namun para pedagang pasar tetap harus menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: Usai Lebaran, 10.000 pedagang pasar di Sleman-DIY divaksin COVID-19

Baca juga: Dinkes Sleman mulai layani vaksinasi warga pralansia

Baca juga: 1.000 tenaga pengajar PTS di Sleman ikuti vaksinasi COVID-19
Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021