Banjarmasin (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum RI Ilham Saputra dan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Abhan meninjau TPS 7 Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur Kalsel di Desa Tanjung Rema Martapura Kabupaten Banjar.

"Kedatangan kami untuk memantau langsung pelaksanaan PSU di Kalsel dan diharapkan proses pemungutan suara bisa berjalan aman, tertib, dan lancar serta masyarakat bisa memilih calon pemimpin," ujar Ketua KPU RI di Martapura, Rabu.

Baca juga: Ketua KPU RI harapkan tidak ada PSU susulan di Pilgub Kalsel

Sementara, Ketua Bawaslu Abhan menambahkan, pihaknya sudah menginstruksikan jajaran Bawaslu Kalsel dan kabupaten kota untuk menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dan benar sesuai aturan yang ditetapkan.

"Kami sudah meminta seluruh jajaran Bawaslu melaksanakan tugas dan fungsi dengan penuh integritas dan profesional serta berpegang aturan dan ketentuan sehingga apa yang baik hasilnya," ujar dia.

Ditekankannya, selain pengawasan yang dilakukan Bawaslu, masyarakat juga bisa melakukan pengawasan dengan tetap berpegang pada aturan hukum agar hasil pemungutan suara bersih tanpa adanya kecurangan.

"Jika ada laporan terkait kecurangan, tentu sesuai prosedur akan kami tindaklanjuti bahkan bukan hanya laporan tetapi juga temuan lapangan akan ditindaklanjuti membuktikan ada tidaknya pelanggaran," kata dia.

Baca juga: Pj Gubernur Kalsel: Seluruh TPS telah siap laksanakan PSU

Penjabat Gubernur Kalsel Safrizal ZA berharap, proses pemungutan suara di TPS yang melaksanakan PSU baik di Kabupaten Banjar, Kota Banjarmasin maupun Kabupaten Tapin berjalan lancar, aman, dan kondusif.

"Kami berharap semua lancar dan sejak tadi malam hingga pemungutan suara hari ini, berjalan tertib, aman, dan lancar tanpa hambatan. Semoga semua tetap aman sehingga suasana kondusif terus terpelihara," katanya.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto mengatakan, pihaknya menurunkan ribuan personel yang ditugaskan pada tempat pemungutan suara hingga pengamanan setelah pencoblosan selesai dilaksanakan.

"Personel yang diturunkan menjaga keamanan baik sebelum maupun sesudah pemungutan ribuan orang dan khusus di Kabupaten Banjar telah diturunkan 600 personel, sampai saat ini semua aman dan lancar," katanya.

Untuk diketahui, peninjauan tersebut diikuti Penjabat Gubernur Kalsel Safrizal ZA didampingi Forkopimda Kalsel baik Kapolda Irjen Rikwanto, Danrem 101/Antasari Brigjend Firmansyah, maupun Ketua DPRD Kalsel Supian AH dan Kajati.

Kegiatan juga diikuti anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Alfitra Salamm, Bupati Banjar Saidi Mansyur dan Wabup Said Idrus serta unsur Forkopimda Banjar dan Sekda Banjar M Hilman.

Baca juga: Muhidin optimistis partisipasi pemilih 80 persen di PSU Pilgub Kalsel

Baca juga: Bawaslu gencar patroli jelang PSU Pilgub Kalsel pada 9 Juni 2021

Baca juga: Kapolda Kalsel: Semua TPS dianggap rawan saat PSU Pilgub

Pewarta: Gunawan Wibisono/Yose Rizal
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021