Kemarin, cadangan devisa turun hingga realisasi lelang SUN

Kemarin, cadangan devisa turun hingga realisasi lelang SUN

Nasabah membeli Sukuk Tabungan (ST) Seri ST006 melalui aplikasi BNI Mobile Banking di Jakarta, Senin (4/11/2019). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (8/6/2021) mulai dari posisi cadangan devisa pada akhir Mei 2021 mencapai 136,4 miliar dolar AS hingga lelang tujuh seri surat utang negara (SUN) di pasar perdana menyerap dana Rp34 triliun.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Cadangan Devisa Mei turun

Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa pada akhir Mei 2021 mencapai 136,4 miliar dolar AS atau menurun dibandingkan April 2021 sebesar 138,8 miliar dolar AS.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan posisi tersebut setara dengan pembiayaan 9,5 bulan impor atau 9,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Bauran gas ditargetkan 22 persen pada 2025

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan porsi pemanfaatan gas dalam bauran energi nasional dapat meningkat dari posisi saat ini sebesar 19 persen menjadi 22 persen pada 2025.

"Kita memerlukan banyak produksi migas dalam negeri, kita masih memerlukan bauran energi terutama gas karena gas masih kategori energi yang bersih," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Berita selengkapnya klik di sini

3. 30 juta UMKM belum tersentuh bantuan pembiayaan formal

CEO Regional PT BRI (Persero) Bali Nusra Rudy Andimono menyebutkan ada 30 juta unit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Tanah Air, yang belum tersentuh bantuan pembiayaan secara formal.

"Seperti yang kita tahu bahwa ada 30 juta UMKM yang secara nasional masih belum tersentuh pembiayaan secara formal,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Nilai kerugian konsumen Rp1 triliun selama lima bulan

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) mencatat selama periode Januari-Mei 2021, terdapat 2.398 pengaduan dengan total nilai kerugian konsumen mencapai Rp1 triliun.

"Kemungkinan jumlahnya makin bertambah, karena belum genap setahun," kata Anggota Komisi 1 Penelitian dan Pengembangan mewakili unsur akademisi Megawati Simanjuntak.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Lelang SUN serap Rp34 triliun

Pemerintah menyerap dana sebesar Rp34 triliun dari lelang tujuh seri surat utang negara (SUN) di pasar perdana dengan penawaran masuk mencapai Rp78,45 triliun.

Keterangan pers Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan realisasi lelang ini melewati target indikatif yang ditetapkan sebelumnya sebesar Rp30 triliun.

Berita selengkapnya klik di sini
Pewarta : Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021