1.406 orang jalani vaksinasi massal Polresta-Dinkes Kota Bogor

1.406 orang jalani vaksinasi massal Polresta-Dinkes Kota Bogor

Pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19 yang diselenggarakan oleh Polresta Bogor Kota dan Dinas Kesehatan Kota Bogor, di Gedung Puri Begawan Kota Bogor, Senin (7/6/2021). (ANTARA/HO/Polresta Bogor Kota)

Bogor (ANTARA) - Polresta Bogor Kota bekerja dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor, Jawa Barat, menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 secara massal kepada 1.406 orang warga Kota Bogor dan keluarga besar kepolisian.

Vaksinasi massal dilaksanakan di Gedung Puri Begawan, Jalan Raya Pajajaran Kota Bogor, Senin, sejak pagi hingga sore. Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno, turut hadir meninjau kegiatan tersebut.

Baca juga: Dipusatkan di TSI Bogor, 2.200 pelaku pariwisata divaksin COVID-19

Menurut Susatyo Purnomo Condro, sasaran penerima vaksinasi COVID-19 ini adalah perwakilan Polsek di Kota Bogor, Bhayangkari dan keluarga anggota Polri, purnawirawan Polri di wilayah hukum Polresta Bogor Kota, serta masyarakat yang rentan tertular COVID-19. "Mereka adalah pekerja, petugas sosial, atau orang yang rentan tertular COVID-19," katanya.

Petugas pelaksana vaksinasi meliputi, 12 tim dari Dinas Kesehatan Kota Bogor, satu tim dari Klinik Polresta Bogor Kota, dan dua tim dari Bhayangkara tingkat IV.

Baca juga: Menkes akan segera kirim vaksin ke Kota Bogor

Susatyo menjelaskan sasaran penerima vaksin sebelumnya dilakukan pendataan oleh Bagian Sumber Daya di Polresta Bogor Kota maupun oleh Babinkamtibmas di tingkat kelurahan di seluruh wilayah Kota Bogor.

Paur Humas Polresta Bogor Kota, Iptu Rahmat, menambahkan, sasaran penerima vaksin yang mendaftar ada sebanyak 1.858 orang tapi pada pelaksanaan vaksinasi yang memenuhi persyaratan dan dapat menjalani vaksinasi ada 1.406 orang.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Kota Bogor didominasi usia produktif

"Dari semua pendaftar tidak semuanya hadir dan pendaftar yang hadir tidak semuanya memenuhi syarat untuk menjalani vaksinasi," katanya.

Menurut Susatyo, pelaksanaan vaksinasi massal ini guna mendukung percepatan program vaksinasi massal pemerintah pusat menuju upaya membangun "herd immunity" atau kekebalan kelompok.

"Melalui kegiatan vaksinasi massal ini dapat menekan penyebaran COVID-19 di Kota Bogor," katanya.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di Ponpes Bina Madani Kota Bogor jadi 65 kasus

Baca juga: 90 dari 96 penderita COVID-19 di Griya Melati Kota Bogor sudah sembuh


 
Pewarta : Riza Harahap
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021