Cara aktifkan 5G Telkomsel

Cara aktifkan 5G Telkomsel

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate saat peluncuran layanan 5G dari Telkomsel di Solo, Jawa Tengah, Kamis (3/6/2021). (ANTARA/Tangkapan layar)

Jakarta (ANTARA) - Telkomsel kini sudah memiliki layanan 5G komersial, meskipun baru tersedia terbatas untuk sejumlah kota di Indonesia.

Mengaktifkan layanan Telkomsel Hyper 5G cukup mudah, pelanggan tidak perlu datang ke gerai GraPARI untuk menyetel 5G selama ponsel sudah mendukung.

Sebelum menggunakan layanan 5G dari Telkomsel, pastikan ponsel sudah mendukung untuk menangkap jaringan di spektrum frekuensi N40 atau 2,3GHz.

Pengguna ponsel harus melakukan unlock di perangkat mereka agar bisa terhubung ke 5G. Unlock ini biasanya digulirkan over the air (OTA) atau seperti pembaruan perangkat lunak.

Baca juga: Jaringan 5G Telkomsel tembus kecepatan di atas 500MBps

Jika tidak yakin bisa melakukan unlock sendiri, sebaiknya kunjungi layanan pelanggan masing-masing merk ponsel, bukan gerai GraPARI.

Ketika ponsel sudah di-unlock, pengguna tidak otomatis bisa terhubung ke jaringan 5G, Telkomsel saat ini memberikan undangan terbatas bagi pengguna Telkomsel.

Jika sudah memenuhi dua syarat di atas, pengguna tersebut artinya sudah menggunakan layanan 4G dari Telkomsel.

Pengguna tidak perlu mengganti kartu SIM untuk merasakan 5G karena saat ini layanan tersebut bisa dinikmati dengan kartu SIM 4G atau USIM.

Untuk mengetahui apakah sudah terhubung ke jaringan 5G, pengguna bisa mengecek bar sinyal yang terdapat tulisan 5G Telkomsel.

Baca juga: Daftar ponsel yang bisa pakai 5G Telkomsel

Layanan 5G dari Telkomsel bisa mencapai kecepatan 700MB per detik, dan untuk saat ini paket 5G merupakan tambahan untuk paket utama. Pengguna harus mengaktifkan paket data internet 4G, kemudian membeli paket tambahan untuk 5G.

Selama masa promosi, paket 5G seharga Rp260.000 untuk kuota 126GB dijual hanya Rp26.000.

Layanan 5G dari Telkomsel ini masih berada di tahap awal sehingga ada kemungkinan belum setinggi ekspektasi konsumen. Tapi, Telkomsel berupaya untuk terus meningkatkan dan memperluas layanan jaringan radio generasi kelima.

Layanan 5G Telkomsel saat ini baru tersedia di beberapa titik di Jakarta dan sekitarnya, yaitu kawasan Widya Chandra, Kelapa Gading, Pondok Indah dan Pantai Indah Kapuk. Sementara di Tangerang, 5G berada di Alam Sutera dan Bumi Serpong Damai.

Telkkomsel juga memperluas 5G ke Solo, Bandung, Surabaya, Denpasar, Batam, Medan, Balikpapan dan Makassar.

Baca juga: Telkomsel kembali luncurkan layanan 5G serentak di lima kota

Baca juga: Telkomsel gandeng Schneider Electric percepat adopsi 5G di industri

Baca juga: Kominfo minta manfaatkan 5G untuk hal positif
Pewarta : Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021