Jakarta (ANTARA) - GoSend, layanan pengiriman barang dari Gojek, akan menerapkan skema baru insentif atau bonus kepada mitra driver yang melayani pengiriman pada hari yang sama (GoSend Sameday) untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung.

Skema pendapatan pokok atau tarif per jarak tempuh tidak berubah, justru pendapatan pokok yang diterima mitra driver GoSend Sameday tetap menjadi yang terbaik dalam industri tersebut.

Baca juga: Analis yakini GoTo beri sentimen baru ekonomi digital Indonesia

Penyesuaian skema insentif itu juga dilakukan agar lebih banyak mitra driver yang berkesempatan mendapatkan insentif. Melalui penerapan skema baru pemberian insentif itu, bonus kini diberikan per satu kali pengantaran dibandingkan skema sebelumnya yaitu per lima pengantaran.

Sebagai informasi, mitra driver GoSend Sameday memperoleh penghasilan utama dari pendapatan pokok per jarak tempuh, kemudian baru ditambah insentif (bonus).

Vice President Corporate Communication Gojek Audrey Petriny menyampaikan pada hari Senin, “Kebijakan penyesuaian dilakukan hanya terhadap skema insentif, sedangkan skema pendapatan atau tarif pokok per jarak tempuh bagi mitra driver tidak berubah."

"Langkah itu dilakukan untuk memberikan peluang yang lebih besar bagi lebih banyak mitra GoSend Sameday atau yang kerap disebut sebagai GoKilat, agar dapat memperoleh bonus harian,” kata Audrey.

Pada skema baru ini, Audrey menjelaskan, mitra GoSend Sameday bisa mendapatkan bonus terlepas berapapun jumlah order yang mereka selesaikan selama memenuhi kriteria performa.

"Dengan demikian, akan semakin banyak mitra driver yang bisa merasakan bonus harian berdasarkan jumlah order yang mereka selesaikan pada hari tersebut,” jelasnya.

Skema bonus itu diperbarui guna memberikan kesempatan kepada lebih banyak mitra untuk memperoleh tambahan pendapatan. Pada skema insentif sebelumnya terdapat ketentuan minimum order, sehingga mitra harus menyelesaikan minimal lima order demi meraih bonus.

Sedangkan mengacu pada skema baru, bonus GoSend dihitung per satu (1) pengiriman/ pengantaran. Audrey pun menambahkan kebijakan tersebut menjadi langkah yang diharapkan dapat membantu agar lebih banyak jumlah mitra yang dapat memperoleh insentif, sehingga semakin memudahkan mitra untuk mendapatkan penghasilan tambahan, terutama di masa pemulihan pandemi.

“Di sisi lain GoSend terus berupaya meningkatkan standar layanan melalui pengembangan teknologi dan berbagai inisiatif lain untuk meningkatkan kepuasan serta loyalitas pelanggan," katanya.

"Selama ini GoSend telah memiliki pelanggan yang loyal, dan kami juga akan selalu menjalankan berbagai program pemasaran untuk semakin meningkatkan jumlah order yang akan diterima mitra driver,” jelas Audrey.

Adapun inisiatif Gojek dalam upaya meningkatkan permintaan konsumen (demand) ini meliputi kolaborasi dengan Tokopedia dalam menyediakan promo ongkir GoSend hingga Rp20.000 serta Promo Kilat sebesar 70 persen untuk pelanggan yang memesan layanan GoSend Instan, Sameday, dan Intercity melalui aplikasi GoSend.

GoSend pun terus menggandeng kelompok pengguna yang lebih luas, salah satunya para pelaku UMKM yang selama pandemi mengalami peningkatan jumlah.

Melalui berbagai upaya tersebut, daya saing GoSend diharapkan kian meningkat, sehingga mitra driver dapat memperoleh pendapatan organik yang berkesinambungan ke depannya.

Secara bersamaan, Gojek turut menghadirkan berbagai program untuk mitra driver. Mitra dengan kinerja baik mendapatkan apresiasi melalui program ‘Mitra Teladan’ dengan 10 pemenang bulanan, serta dua (2) pemenang utama yang akan diumumkan di akhir tahun untuk memperoleh hadiah sepeda motor.

Gojek juga memastikan keberlangsungan mitra driver melalui berbagai inisiatif, termasuk dukungan terhadap program vaksinasi COVID-19 kepada mitra driver, jam kerja yang fleksibel, penerimaan pendapatan yang langsung dapat dicairkan melalui GoPay, bantuan atas situasi darurat, serta santunan atas risiko kecelakaan.

Mitra driver pun memperoleh dukungan melalui program Swadaya dalam pembelian paket selular hemat dengan harga khusus mitra driver yang dapat menunjang kegiatan operasional sehari-hari.



Baca juga: Tarif ojol naik, Gojek: sesuai aspirasi mitra driver

Baca juga: OJK Institute nilai IPO cara GoTo berbagi kepemilikan kepada publik

Baca juga: GoTo dinilai berpeluang tingkatkan ekonomi digital nasional


Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021