AHY safari politik ke Bandung temui Kang Emil sampai warga Soreang

AHY safari politik ke Bandung temui Kang Emil sampai warga Soreang

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (belakang) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (depan) berpose di depan Rumah Dinas Gedung Negara Pakuan, Bandung, Jawa Barat, Jumat (4/6/2021) sebelum keduanya berboncengan menuju lokasi silaturahmi di Ciumbuleuit. ANTARA/HO-Dokumentasi DPP Partai Demokrat/aa.

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono melanjutkan safari politiknya di Jawa Barat dengan berkunjung ke Kota Bandung, Jumat.

Di Kota Bandung, AHY beserta rombongannya menemui sejumlah pihak, mulai dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang populer dengan sapaan “Kang Emil” sampai seorang warganet asal Soreang yang mengaku punya kenangan khusus dengan almarhum ibunya AHY, Ani Yudhoyono.

Dalam pertemuan dengan Ridwan Kamil, AHY menyampaikan dukungannya kepada program-program kerja gubernur Jawa Barat itu.

“Sebagai sahabat dan mitra dalam berpolitik juga berdemokrasi, tentu saya bukan hanya mendoakan, tetapi juga mendorong dan memberi dukungan kepada Kang Emil sebagai Gubernur Jawa Barat untuk terus sukses,” kata AHY saat bersilaturahmi dengan Ridwan Kamil, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan dirinya, yang datang sebagai ketua umum DPP Partai Demokrat, mengapresiasi kerja Ridwan Kamil, utamanya dalam penanggulangan pandemi COVID-19 dan mengatasi masalah ekonomi rakyat di Jawa Barat.

Baca juga: Pertemuan AHY-Ridwan Kamil di Bandung tak terkait Pilpres 2024

Dalam acara silaturahmi itu, Ridwan menyampaikan dirinya juga selalu memberi dukungan kepada AHY.

“Saat ada ramai-ramai kemarin, kepala daerah yang menyatakan dukungan dan mendoakan dan bicara jangan mengganggu Mas AHY adalah gubernur Jawa Barat. Itu menandakan saya punya nilai solidaritas, yaitu solidaritas generasi,” kata Ridwan Kamil ke AHY dikutip dari keterangan yang sama.

Dalam pertemuannya dengan Ridwan Kamil, AHY menyempatkan diri dibonceng oleh gubernur menumpang motor klasik. Keduanya berboncengan dari rumah dinas gubernur Jawa Barat di Gedung Negara Pakuan sampai ke Nara Park, sebuah kafe di daerah Ciumbuleuit.

Sementara itu, masih dalam rangkaian kunjungan ke Kota Bandung, AHY juga menemui seorang warganet asal Soreang Andris Fajar. Dia bertemu AHY setelah keduanya bertegur sapa di media sosial Twitter.

“Siapa sangka tokoh nasional seperti Mas AHY membalas langsung komentar orang biasa seperti saya ini,” kata Andris sebagaimana dikutip dari siaran tertulis lainnya.

Dalam pertemuannya dengan AHY, Andris bercerita kenangan pribadinya bertemu dengan Ani Yudhoyono di Istana Negara dalam rangka peringatan Hari Kanker Anak Nasional pada 2006.
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) dan Andris Fajar (kanan), seorang warga Soreang, saling menyapa saat keduanya bertemu di Bandung, Jawa Barat, Jumat (4/6/2021). (ANTARA/HO-Dokumentasi DPP Partai Demokrat)


Andris saat itu merupakan pegiat yang tergabung dalam Yayasan Onkologi Anak Indonesia. Anaknya, saat itu, merupakan penderita kanker darah (Leukimia).

“Ibu Ani tidak banyak berkata-kata. Beliau hanya menepuk bahu dan membelai kepala anak saya. Sambil berpesan, sabar ya, pasti bisa sembuh, pasti terlewati,” kata Andris mengenang dukungan mendiang Ani kepada anaknya, yang juga telah wafat pada 2010.

Usai mendengar cerita itu, AHY mengajak Andris berdoa bersama untuk mendiang anaknya dan Ani Yudhoyono.

AHY memulai safari politiknya ke Jawa Barat minggu ini, setelah pada beberapa bulan lalu ia telah menyambangi sejumlah daerah, antara lain Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tengara Barat, Nusa Tenggara Timur, Aceh, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Baca juga: AHY hadiahi Ridwan Kamil kaos bertuliskan "muda adalah kekuatan"
 
Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021