Forum zakat komitmen tingkatkan kontribusi dalam pembangunan nasional

Forum zakat komitmen tingkatkan kontribusi dalam pembangunan nasional

Pembukaan Musyawarah Nasional 9 Forum Zakat, di Kota Batu, Jawa Timur. ANTARA/HO-FOZ

Jakarta (ANTARA) - Forum Zakat Nasional (FOZ) menyatakan komitmennya dalam meningkatkan peran serta kontribusi dalam agenda pembangunan nasional, utamanya dalam mengatasi ketimpangan sosial dan menurunkan angka kemiskinan.

"Kami berharap Munas kali juga ini dapat menjadi momentum penting untuk menguatkan peran OPZ dan kolaborasi dengan Pemerintah dalam upaya mencapai agenda pembangunan nasional yang berkelanjutan," ujar Ketua FOZ Bambang Suherman dalam Munas ke-9 yang dipantau dari Jakarta, Jumat.

Bambang mengatakan FOZ berupaya dalam menurunkan angka kemiskinan melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Masyarakat diberdayakan dalam berbagai sektor.

Nantinya, pemberdayaan masyarakat itu akan bermuara pada kemandirian ekonomi sehingga secara perlahan mereka bisa terlepas dari jerat kemiskinan.

Tak hanya di sektor ekonomi, program lain yang dilakukan organisasi pengelola zakat meliputi sektor pendidikan, kesehatan, dan sosial kemanusiaan yang berhubungan dengan agenda pembangunan nasional.

Sebab kata dia, permasalahan kemiskinan tidak hanya bersumbu dari ekonomi tetapi aspek-aspek lain yang mesti disikapi secara menyeluruh.

"Kemiskinan tidak hanya mengenai persoalan ekonomi namun juga melibatkan banyak sektor lain seperti akses terhadap pendidikan, kesehatan, lapangan kerja dan lain-lain," kata dia.

Baca juga: Forum Zakat himpun Rp567 miliar untuk penanganan COVID-19
Baca juga: Forum Zakat perkuat kolaborasi pemberdayaan masyarakat


Bambang mengatakan FOZ telah melakukan berbagai upaya dalam mendukung agenda pembangunan nasional dalam kurun waktu tiga tahun terakhir seperti penguatan kompetensi dan kapasitas amil zakat, pendampingan lembaga organisasi pengelola zakat (OPZ) untuk memastikan program pemberdayaan masyarakat berorientasi pada penurunan angka kemiskinan.

"Hingga menciptakan ekosistem gerakan zakat yang mendorong lahirnya banyak kolaborasi pemberdayaan masyarakat antar OPZ di berbagai daerah," kata dia.

Sebelumnya, FOZ berhasil menghimpun pendanaan mencapai Rp567 miliar, yang dipergunakan untuk membantu penanganan pandemi penyakit akibat penyebaran COVID-19.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Forum Zakat Nana Sudiana mengungkapkan, dari anggota Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) yang mencapai 163 lembaga tersebut, dalam kurun waktu tujuh bulan, berhasil menghimpun dana mencapai Rp567 miliar tersebut.

"Dari 163 anggota, kurang lebih tujuh bulan kami bersama-sama menghimpun dana. Sesuai catatan kami Rp 567 miliar untuk membantu menangani COVID-19 di Indonesia," kata Nana.

Baca juga: Wapres ingatkan tiga tantangan pengelolaan zakat di Indonesia
Baca juga: World Zakat Forum ajak seluruh pihak berdonasi bantu warga Palestina

 
Pewarta : Asep Firmansyah
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021