Hari Lingkungan Hidup, Pemkot Jakpus tebar 10.000 benih ikan

Hari Lingkungan Hidup, Pemkot Jakpus tebar 10.000 benih ikan

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma saat melakukan penebaran benih ikan di Embung Pangeran Jayakarta, Sawah Besar Jakarta Pusat, Jumat (4/6/2021). ANTARA/Mentari Dwi Gayati/am.

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat menebar sedikitnya 10.000 bibit ikan dan tanam secara serentak di delapan kecamatan, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) pada 5 Juni 2021.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan HLHS ini mengangkat tema "Urban Farming untuk Ketahanan Pangan" dan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) sebagai penanggung jawab kegiatan tersebut.

"Salah satu upaya yang kita lakukan adalah menebarkan benih ikan sebanyak 10.000 bibit, sedangkan tanam pohon juga serentak dilakukan di delapan kecamatan," kata Dhany saat melakukan penebaran benih ikan di Embung Pangeran Jayakarta, Sawah Besar Jakarta Pusat, Jumat.

Sebanyak 2.500 pohon ditanam serentak di delapan kecamatan Jakarta Pusat dengan beragam jenis tanaman, seperti pohon jambu jamaika, jambu jamblang, mangga hingga sayuran hidroponik.

Baca juga: Jakarta Timur gelar tanam serentak peringati Hari Lingkungan Hidup

Penanaman pohon dan sayuran hidroponik juga dilakukan di lahan konvensional, yakni di Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran.

Dhany berharap penanaman pohon dan penebaran benih ikan ini dapat memberi kesadaran bagi masyarakat bahwa hanya kelestarian lingkungan yang dapat menunjang hidup manusia, termasuk di dalamnya ketahanan pangan.

"Kita ingin menumbuhkan kesadaran bahwa yang bisa menunjang hidup, adalah kelestarian lingkungan. Seluruh manusia, seluruh unsur khususnya di lingkup Jakarta Pusat dapat memiliki kepedulian yang tinggi untuk melestarikan lingkungan," kata Dhany.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap 5 Juni. Peringatan tersebut berawal ketika PBB menggelar konferensi pertama tentang lingkungan manusia di Swedia yang kemudian menghasilkan "Deklarasi Stockholm" pada 5 Juni 1972.

Baca juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Kodim Jaksel bersihkan lingkungan
 
Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021