AHY dan Anissa menikmati suasana kesegaran dan cuaca Kota Bandung
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memanfaatkan waktu di sela agenda temu kader dan temu warga, untuk bernostalgia menyusuri jalan-jalan di Kota Bandung, Jawa Barat bersama istrinya, Anissa Pohan.

AHY dalam keterangan persnya diterima di Jakarta, Kamis, menyebutkan ia menyusuri Bandung dengan mengemudikan mobil Suzuki Jimny warna krem.

AHY dan Anissa menikmati suasana kesegaran dan cuaca Kota Bandung.

AHY sempat berhenti di Gedung Sekolah Staf dan Komando TNI AD (Seskoad), untuk menunjukkan pada Anissa betapa berartinya Seskoad ini bagi para perwira TNI.

Pada 2013, AHY lulus ujian masuk tes Seskoad di Bandung. Setelah lulus, AHY ikut lagi tes seleksi sesko di luar negeri bagi para perwira terpilih.

Akhirnya, AHY lolos seleksi untuk belajar di Sekolah Staf dan Komando Amerika Serikat di Fort Leavenworth, Kansas. Bagi AHY, Bandung memang menyimpan banyak kenangan emosional.

Pria yang pada Agustus nanti akan berusia 41 tahun tersebut, lahir di Dayeuhkolot dan lulus SMPN 5 Bandung, sebelum melanjutkan ke SMA Taruna Nusantara. Di Kota Kembang ini pula, AHY melabuhkan cintanya pada Anissa Larasati Pohan.

Ia menjelajahi Kota Bandung menggunakan Suzuki Jimny setelah harus inden lebih dari setahun untuk bisa memperolehnya. Jimny ini kemudian dimodifikasi sedikit agar kelihatan lebih gagah dan lebih memenuhi kebutuhan AHY untuk off-road.

AHY pertama kali menjajal Jimny ini saat mengunjungi pameran kendaraan GIIAS 2018. Versi lama dari kendaraan ini populer dengan sebutan Jimny “Jangkrik”, karena bentuknya seperti jangkrik, kecil, kekotakan, lincah dan bandel, sehingga banyak dipakai untuk off-road serta juga di sejumlah satuan militer.

Sementara itu, kegemarannya menjelajah akhirnya membawa AHY menginjakkan kaki di 34 provinsi dan di sekitar 300 dari 514 kabupaten kota di seluruh Indonesia, baik lewat darat, udara maupun air.

Ia sadar bahwa jelajah Indonesia membuat orang makin mencintai Indonesia yang beragam ini, AHY pun berinisiatif membuat komunitas Overlanding Indonesia.

Komunitas itu untuk mewadahi sekaligus mendorong sesama warga bangsa untuk makin mencintai Indonesia dengan menjelajahi berbagai penjurunya.
Baca juga: PKB mewacanakan duet Gus AMI-AHY pada Pilpres 2024
Baca juga: AHY mengenang Wimar Witoelar gigih perjuangkan demokrasi di Indonesia


Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021