Kudus (ANTARA) - Polres Kudus, Jawa Tengah, menerjunkan 15 personel untuk pemulasaraan dan pemakaman jenazah pasien COVID-19 guna membantu Tim Satgas Penanganan COVID-19 sekaligus sebagai bentuk solidaritas dan kemanusiaan.

"Belasan personel tersebut berasal dari unit Satuan Sabhara dan dalam menjalankan tugasnya dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) lengkap," kata Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma di Kudus, Kamis.

Sebelumnya, kata dia, mereka sudah mendapatkan pelatihan dari BPBD Kudus dan tim pemulasaran jenazah dari RSUD Loekmono Hadi Kudus, sedangkan dalam menjalankan tugasnya itu, dibagi menjadi dua tim.

Baca juga: 450 personel Kodam Diponegoro bantu penanganan COVID-19 di Kudus

Ia mengakui tim pemulasaran tersebut sudah dibentuk sejak lama, namun belum maksimal kerjanya karena memang minim permintaan untuk diperbantukan.

Kalaupun saat ini kembali aktif, lantaran meningkatnya kasus COVID-19 sehingga mereka langsung diterjunkan untuk melakukan pemakaman.

Untuk hari ini (3/6), tim pemulasaran dan pemakaman dari Polres Kudus sudah membantu melaksanakan pemakaman dua jenazah COVID-19 di Desa Medini, Kecamatan Undaan.

"Mereka akan selalu siaga untuk membantu proses pemulasaraan hingga pemakamannya," ujarnya.

Terkait dengan ketersediaan APD yang terbatas, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan BPBD Kudus sehingga saat ini tersedia dengan jumlah yang memadai. 

Baca juga: BNPB dampingi Pemkab Kudus tangani lonjakan kasus COVID-19
Baca juga: Satgas COVID-19 beri masukan terkait layanan di IGD RSUD Kudus

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2021