dibatasi hanya 10 sampai 25 persen
Bandung (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung mulai menggelar simulasi uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) pada 7 Juni hingga 18 Juni 2021 di sejumlah sekolah yang dipastikan telah siap secara fisik dan non fisik.

Kepala Disdik Kota Bandung Hikmat Ginanjar mengatakan uji coba itu akan dilaksanakan sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) empat Menteri. Dari 3.524 sekolah mulai dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas di Kota Bandung, ada 654 sekolah yang akan gelar uji coba.

"Ini satuan pendidikan yang sudah direkomendasikan pihak kecamatan sebagai ketua satgas di tingkat kecamatan masing-masing," kata Hikmat di Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Hikmat mengatakan, indikator sekolah yang lolos untuk bisa menggelar uji coba yakni kesiapan dari sarana protokol kesehatan dan dari desain proses pembelajaran.

Baca juga: PTM terbatas bisa dilakukan walau guru belum divaksinasi
Baca juga: Menag: Prioritaskan keselamatan pada pembelajaran tatap muka terbatas


Namun, kata dia, orang tua para murid dari sekolah yang akan menggelar uji coba itu masih bisa memilih antara mengikutkan anaknya sekolah secara tatap muka atau secara daring.

"Dari semuanya siswa juga tidak semua ikut PTM, jadi dibatasi hanya 10 sampai 25 persen, dan juga ada pembagian sifnya," kata Hikmat.

Menurut Hikmat, setiap sekolah yang akan menggelar uji coba PTM itu sudah memiliki panduan pelaksanaan dan teknisnya masing-masing. Dan ia memastikan tenaga pendidik yang akan melaksanakan PTM telah mengikuti vaksinasi COVID-19.

"Kita lihat dulu hasil ini seperti apa, kalau ini baik, kita melihat ke tahap berikutnya," kata dia.

Baca juga: Sekolah laksanakan PTM di Kabupaten Bogor wajib penuhi empat syarat
Baca juga: Garut hentikan sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021