Kemarin, soal belanja pemerintah hingga penundaan biaya di ATM Link

Kemarin, soal belanja pemerintah hingga penundaan biaya di ATM Link

Nasabah melakukan transaksi melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Link di Jakarta, Minggu (23/5/2021). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak lima berita ekonomi yang disiarkan Kantor Berita ANTARA pada Selasa (1/6/2021) telah menarik perhatian pembaca, mulai dari belanja pemerintah pusat dan daerah yang akan menjadi tulang punggung utama bagi pertumbuhan ekonomi nasional, hingga Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) sepakat menjadwalkan kembali implementasi penyesuaian biaya transaksi cek saldo dan tarik tunai yang dilakukan di mesin ATM Merah Putih atau ATM Link.

Berikut rangkuman lima berita tersebut beserta tautan untuk membaca berita selengkapnya

1. Mendagri: Belanja pemerintah jadi tulang punggung pertumbuhan ekonomi

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengatakan belanja pemerintah baik pusat maupun daerah menjadi tulang punggung utama bagi pertumbuhan ekonomi nasional sekaligus mampu mendorong belanja pihak swasta.

Oleh karena itu, sebagai pembina sekaligus pengawas jalannya pemerintahan daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus mendorong pemerintah daerah dapat mempercepat realisasi belanja barang dan jasa, salah satunya melalui Surat Edaran (SE) Mendagri bersama Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Nomor 027/2929/SJ dan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa dalam Pengelolaan Keuangan Daerah.

"SE bersama ini menjadi sangat penting karena bisa menjadi landasan hukum sekaligus menjadi pegangan bagi daerah dalam melaksanakan pengadaan barang dan jasa," kata Mendagri dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Baca berita di sini

2. Pupuk Indonesia bukukan rekor produksi-penjualan sepanjang 2020

PT Pupuk Indonesia (Persero) membukukan rekor produksi yang melebihi 100 persen dan rekor volume penjualan untuk produk pupuk dan nonpupuk sebagaimana tercatat dalam laporan keuangan konsolidasi tahun 2020.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Bakir Pasaman dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa, menyampaikan bahwa perusahaan tetap menjaga performa di tengah pandemi COVID-19 dengan total produksi pupuk tahun 2020 mencapai 12,26 juta ton atau 117 persen dari target pemegang saham.

Sedangkan untuk produk nonpupuk, seperti amoniak, asam sulfat, asam fosfat dan produk lainnya mencapai 7,12 juta ton. Sehingga total volume produksi tahun 2020 baik untuk pupuk maupun produk nonpupuk mencapai 19,38 juta ton, atau 118 persen dari RKAP," jelas Bakir.

Baca berita di sini

3. Jasa Marga: Pengerusakan Fortuner di GT Ciledug telah ditangani polisi

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melalui Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) mengungkapkan pengerusakan kendaraan Fortuner di Gerbang Tol (GT) Ciledug 2 telah ditangani oleh pihak kepolisian.

"Permasalahan ini diserahkan kepada Polsek Pesanggrahan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Selasa (1/6) Pukul 01.00 WIB GT Ciledug 2 sudah dibuka kembali dan dapat dilintasi dengan aman oleh pengguna jalan," ujar Manager Area Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) Ruas Kebon Jeruk-Ulujami Andre Kustiawan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Andre mengatakan bahwa diduga kendaraan Fortuner tersebut melarikan diri setelah menyerempet kendaraan roda dua di jalan nasional/arteri di wilayah Jakarta Selatan, dan melarikan diri ke arah Gerbang Tol (GT) Ciledug 2, hal ini menyebabkan warga sontak mengejar dan menghalau kendaraan tersebut persis di depan GT Ciledug 2.

Baca berita di sini

4. Erick Thohir angkat bicara soal ibu kota baru

Menteri BUMN Erick Thohir angkat bicara mengenai rencana Ibu Kota Baru atau IKN dikaitkan dengan penambahan penduduk Indonesia yang terus terjadi.

"Saya salut kepada bapak Presiden Joko Widodo mengenai Ibu Kota Baru, Kenapa? Penambahan jumlah penduduk Indonesia sangat cepat. 50 juta penambahan penduduk di Indonesia mau ke mana? Mau ke Jakarta lagi? Mau ke Bandung lagi atau kota besar lainnya? Tidak bisa!" ujar Erick Thohir seperti dikutip dalam wawancara di sosial media di Jakarta, Selasa.

Erick mengatakan, ada dua teori terkait upaya untuk mengatasi pertambahan jumlah penduduk tersebut yang dilakukan oleh dua negara berbeda.

Baca berita di sini

5. Himbara tunda pengenaan biaya pada ATM Link

Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) sepakat menjadwalkan kembali implementasi penyesuaian biaya transaksi cek saldo dan tarik tunai yang dilakukan di mesin ATM Merah Putih atau ATM Link.

"Penyesuaian tarif yang pada awalnya akan diimplementasikan pada 1 Juni 2021 menjadi ditunda," kata Wakil Direktur Utama BNI, Adi Sulistyowati di Jakarta, Selasa.

Adi Sulistyowati yang akrab dipanggil Susi ini, mengharapkan penundaan kebijakan penyesuaian ini dapat mendorong peningkatan sosialisasi kepada masyarakat lebih luas lagi.

Baca berita di sini

Pewarta : Indra Arief Pribadi
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021