UISU-UIR kerjasama peningkatan pendidikan dan penelitian

UISU-UIR kerjasama peningkatan pendidikan dan penelitian

UISU dan UIR sepakat menjalin kerjasama dalam berbagai bidang, diantaranya bidang pendidikan dan penelitian. (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dan Universitas Islam Riau (UIR) kerjasama dalam berbagai bidang terutama pendidikan; penelitian dan pengembangan sumber daya manusia; pengabdian masyarakat serta dakwah Islamiah.

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, di Medan, Selasa, mengatakan rencana kerjasama antara kedua perguruan tinggi swasta itu sudah lama direncanakan sebelumnya.

“Alhamdulillah saat ini dapat kita wujudkan, semoga ini menjadi awal yang baik untuk kolaborasi kedua perguruan tinggi,” ujarnya.

Rektor UISU mengatakan bahwa kerjasama antara UISU dan UIR sangat strategis karena kedua perguruan tinggi memiliki kesamaan secara historis. UIR Pekanbaru merupakan perguruan tinggi tertua di Provinsi Riau dan UISU merupakan perguruan tinggi yang pertama kali berdiri di Sumatera utara pada tahun 1952.

Baca juga: Kerja sama UISU-RSUD Pirngadi diapresiasi Wali Kota Medan

Baca juga: UISU salurkan donasi untuk warga terdampak COVID-19


Di sisi lain, UISU dan UIR merupakan Perguruan tinggi swasta yang sama-sama mengedepankan nilai-nilai keislaman dalam pencapaian visi dan misi institusinya.

Sebab itu, kerjasama yang ditandatangani kedua pimpinan perguruan tinggi swasta itu sangat penting dalam rangka kolaborasi yang dapat memberikan manfaat untuk pengembangan institusi kedua perguruan tinggi.

Terlebih, katanya, dalam rangka implementasi konsep Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) perguruan tinggi dituntut untuk mampu bekerjasama dengan dengan perguruan tinggi lainnya.

Dalam waktu dekat, kata Rektor UISU, pihaknya akan melakukan kesepakatan kerjasama untuk kegiatan penelitian bersama (joint research) terkait kearifan lokal kajian budaya Melayu.

Sementara pihak UIR dalam waktu dekat juga akan merencanakan kerjasama join program untuk pertukaran dosen dan Guru Besar guna penyelenggaraan program pasca sarjana.

Sementara Ketua Umum Yayasan UISU Prof.Ismet Danial Nasution menyampaikan harapan kolaborasi antara UISU dan UIR ini akan dapat saling memberi nilai dan makna yang sangat strategis untuk pengembangan kedua perguruan tinggi dalam mengisi peran aktif perguruan tinggi terhadap pembinaan dan pendidikan masyarakat pada tahap berbagai level pendidikan.

Hal penting lainnya, kolaborasi ini diharapkan dapat mencari solusi permasalahan kehidupan yang begitu dinamis di masyarakat, agama, bangsa dan negara melalui pendekatan ilmiah.*

Baca juga: LL Dikti Wilayah X rekomendasikan UIR buka program doktor hukum

Baca juga: Mahasiswa UIR bantu pemadaman karhutla di Pelalawan
Pewarta : Juraidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021