Bahlil Lahadalia ajak masyarakat hayati makna penting Pancasila

Bahlil Lahadalia ajak masyarakat hayati makna penting Pancasila

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengajak masyarakat Indonesia untuk menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada momentum Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni.

Pasalnya, Pancasila telah menjadi dasar negara Indonesia yang melandasi bagaimana cara untuk berbangsa dan bernegara.

"Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila memiliki makna penting untuk selalu kita hayati. Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari terus pupuk rasa kecintaan, kebersamaan, dan semangat berkarya untuk Indonesia yang semakin maju," katanya dalam akun Instagram pribadinya @bahlillahadalia, Selasa.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo mengajak seluruh pihak untuk bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju.

"Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan," ujar Presiden.

1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila karena dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1 Juni 1945 Soekarno mengemukakan lima konsep dasar negara Indonesia bernama Pancasila.

Lima konsep tersebut adalah kebangsaan, internasionalisme, permusyawarakan, kesejahteraan dan ketuhanan.

Presiden Jokowi melalui melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 kemudian menetapkan 1 Juni sebagai hari libur nasional yaitu sebagai Hari Lahir Pancasila.
Baca juga: Ideologi Pancasila dan dinamika tantangan yang terus berkembang
Baca juga: Pengamat: Hari Lahir Pancasila momentum lindungi kebebasan berekspresi
Baca juga: MPR: Hari Lahir Pancasila momentum bangun kembali kebersamaan

 
Pewarta : Ade irma Junida
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2021