Libur Lebaran usai, Bandung buka tempat wisata mulai 2 Juni

Libur Lebaran usai, Bandung buka tempat wisata mulai 2 Juni

Wali Kota Bandung Oded M Danial. ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung

Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, membuka kembali tempat wisata mulai 2 Juni 2021 setelah ditutup sejak 23 Mei 2021 oleh Satgas Penanganan COVID-19 karena menyebabkan kerumunan massa.

Wali Kota Bandung Oded M Danial menilai masa liburan Lebaran 2021 telah usai.

"Untuk tempat wisata akan kembali dibuka karena sudah habis masa Lebaran," katanya di Balai Kota Bandung, Jawa Barat, Senin.

Baca juga: Satgas COVID-19 Bandung tutup sementara enam tempat wisata

Meski dibuka kembali, menurut dia, Satgas Penanganan COVID-19 akan tetap melakukan pengawasan secara ketat untuk menjaga potensi adanya kerumunan pengunjung.

"Untuk menjaga eforia masyarakat, kita akan tetap menjaga protokol kesehatan di lapangan, kita perkuat pengawasannya," kata Oded.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan angka kasus COVID-19 di Kota Bandung masih terkendali pasca-Lebaran meski ada peningkatan jumlah pasien yang bergejala di rumah sakit.

"Positivity rate itu terkendali di angka 7,36, kita pernah di angka 11. Jadi, sekarang masih terkendali, cuma yang menjadi catatan itu orang yang dirawat sekarang 66 persen (tingkat okupansi ruang isolasi)," katanya.

Ema pun mengatakan meningkatnya jumlah pasien yang bergejala itu tidak sera merta menunjukkan bahwa hal tersebut disebabkan oleh maraknya mobilitas masyarakat saat suasana Lebaran.

Adapun tempat wisata yang bakal kembali dibuka setelah sebelumnya ditutup itu yakni Kebun Binatang Bandung, Karang Setra Water Land, Saung Angklung Udjo, Taman Lalu Lintas, Trans Studio Bandung, dan Kiara Artha Park.

Baca juga: Tekan COVID, Bupati Bandung tutup wisata Ciwidey dan sekitarnya
Baca juga: Objek wisata di dua zona merah Jabar ditutup saat Lebaran
Pewarta : Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021