Jakarta (ANTARA) - Pemain muda Manchester City dan timnas Inggris, Phil Foden, tengah menikmati musim terobosan menjelang final Liga Champions melawan Chelsea dini hari esok dan kapten Fernandinho menilai rekan bermainnya itu tampil lebih dewasa dari waktu ke waktu.

Foden yang Jumat kemarin merayakan ulang tahun ke-21 sejak lama dianggap sebagai salah seorang bakat paling menarik dalam sepak bola Inggris dan manajer City Pep Guardiola selalu ditanya soal menit bermain sang pemain sejak memberikan debut saat pemain itu masih berusia 17 tahun.

Tetapi tahun ini Foden berpotensi menjadi starter reguler setelah memasukkan 16 gol dan 10 assist dalam semua kompetisi.

Baca juga: Ini bukan saya melawan Guardiola, kata Tuchel
Baca juga: Tuchel pastikan Chelsea percaya diri tantang City di final


"Sama sekali tidak mengejutkan. Foden sudah berlatih bersama kami selama lima tahun," kata Fernandinho dalam jumpa pers Jumat waktu setempat seperti dikutip Reuters.

"Dia mengalami kemajuan pesat dan kualitas yang dia miliki sulit ditemukan pada pemain-pemain lain. Hasratnya untuk memainkan sepakbola yang bagus sungguh hebat."

Foden tampil menawan selama Liga Champions dengan mencetak gol dalam kedua leg perempatfinal melawan Borussia Dortmund dan membuat assist pada leg kedua semifinal melawan Paris Saint Germain.

"Dia tumbuh pesat dalam kompetisi ini musim ini, khususnya memperoleh waktu bermain lebih banyak. Dia tetap rendah hati dan membumi dan itu salah satu alasan dia ada di levelnya saat ini," sambung pemain asal Brazil itu.

Baca juga: Hasrat City juarai Liga Champions sudah memuncak, kata Guardiola

Fernandinho yakin Foden sudah tahu bagaimana harus bermain dalam gaya sepakbola City di mana penempatan posisi dan waktu mengumpang menjadi hal vital.

"Anda mesti memahami rekan-rekan main Anda. Pergerakan yang mereka buat, kapan Anda harus mengumpan bola, kapan Anda harus mendribel bola. Dia belajar banyak tahun-tahun lalu dan itu salah satu alasan dia menjadi salah satu pemain paling penting dalam skuad ini," tutup Fernandinho.
 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021