Setelah didiamkan selama satu jam kondisi air menjadi jernih
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Uji Standar Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BUSKIPM) merestorasi kerang hijau di Teluk Jakarta untuk menjernihkan laut.

Berkolaborasi dengan Manajemen Taman Impian Jaya Ancol, BUSKIPM KKP menebar 500 kilogram kulit kerang hijau di perairan Ancol sepanjang 3,8 kilometer, untuk meningkatkan kualitas air di perairan kawasan wisata di Jakarta Utara tersebut.

Kepala BUSKIPM KKP Woro Nur Endang Sariati di Jakarta, Jumat, mengatakan kerang hijau memiliki filter feeder atau penyaringan saat proses makan. Dengan banyaknya gugusan kerang hijau di lautan diharapkan berdampak pada kejernihan serta kebersihan air laut di sekitarnya secara alami.

"Ketika menyerap makan itu, otomatis lumpur-lumpur terserap juga sama dia. Namun yang diserap nanti akan dikeluarkan ya pak, karena dia hanya mengambil makanannya. Nah, proses itu sekaligus menjernihkan air di sekitarnya," ujar Woro.

Baca juga: Pencurian jadi tantangan restorasi kerang hijau di Ancol

Woro berharap akan tercipta ekosistem baru yang lebih bersih dan jernih bagi 200 spesies ikan dan juga kepiting akibat penebaran 500 kilogram kulit kerang hijau tersebut.

Vice President Tirta (Seaword Ancol, Ocean Dream Samudra, dan Atlantis Water Adventure) Taman Impian Jaya Ancol Rika Sudranto mengatakan kegiatan tersebut mulai diinisiasi pihaknya mulai Maret 2018 melalui eksperimen meletakkan lima kilogram kerang hijau di dalam akuarium di Karantina Seaworld Ancol.

"Di dalam akuarium dimasukkan air laut hasil backwash filter sebanyak 50 liter. Setelah didiamkan selama satu jam kondisi air menjadi jernih," kata Rika.

Rika mengatakan total kerang hijau yang sudah ditebar di laut Ancol saat ini sebanyak 1.600 kilogram dan hingga 2020 sudah tumbuh sebanyak 2.600 kilogram kulit kerang hijau.

Rika mengatakan sudah disiapkan 50 keranjang bervolume 15 liter untuk menampung 500 kilogram kulit kerang hijau dulu tersebut, sebelum ditebar di sekitar perairan Ancol.

Baca juga: Ancol jadi kawasan restorasi kerang hijau pertama di Indonesia

"Disiapkan ram besi berukuran 50cm X 30cm X 10cm (15 liter) yang mampu menampung 20 kilogram kerang hijau dan bersama-sama BUSKIPM dan anggota Pramuka Saka Bahari Jakarta Timur, Maritim Muda Nusantara DKI Jakarta dan Mindo Campus, kami meletakkannya di dasar laut Jakarta Utara di sekitar Kawasan Ancol dengan harapan kualitas air laut Jakarta dapat menjadi lebih baik," kata Rika.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan edukasi tentang Restorasi Kerang Hijau di Laut Ancol yang dihadiri Direktorat Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut serta Direktorat Kawasan dan Kesehatan Ikan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Edukasi ini diharapkan dapat memberi pengetahuan yang lebih tentang restorasi kerang hijau dan pentingnya menjaga kelestarian laut Indonesia," kata Rika.

Baca juga: Jernihkan Teluk Jakarta 3 ton kulit Kerang hijau ditebar di Ancol

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021