Pasangan Adcock umumkan keputusan pensiun

Pasangan Adcock umumkan keputusan pensiun

Pasangan bulu tangkis ganda campuran sekaligus suami istri asal Inggris Chris Adcock/Gabrielle Adcock. ANTARA/Antaranews.com

Jakarta (ANTARA) - Ganda campuran asal Inggris Chris Adcock/Gabrielle Adcock pada Kamis mengumumkan keputusan pensiun mereka dari bulu tangkis setelah berkarier selama 15 tahun.

“Sungguh perjalanan yang tak bisa disangka selama 15 tahun terakhir ini...Saya sangat bangga dengan apa yang telah kami capai,” kata Gabby dilansir laman Badminton England, Jumat.

“Saya beruntung bisa bepergian keliling dunia dan mendapat banyak teman. Saya akan terus mengingat momen langka seperti berdiri di podium bersama suami saya dan merayakannya dengan tim,” sambung dia.

Baca juga: Pasangan Adcock mundur dari Thailand Open karena COVID-19

Hal senada juga disampaikan Chris. Ia mengatakan bahwa memilih pensiun saat ini merupakan keputusan yang tepat.

“Bulu tangkis telah memberikan banyak hal kepada saya dan Gabby... Perasaan berkompetisi di level dunia selalu menjadi impian saya dan kami bahagia bisa melakukannya bersama selama 10 tahun yang luar biasa ini,” ucap Chris.

“Momen ketika berdiri di atas podium dengan medali emas merupakan perasaan yang tidak akan pernah saya lupakan, dan saya akan selalu melihat itu dengan bangga.”

Gabby pertama kali terjun ke bulu tangkis profesional saat membela timnas Inggris pada 2006. Sementara bersama Chris, dia melakoni debut internasionalnya ketika memenangi medali perak pada kejuaraan dunia junior pada 2007.

Pada 2010, Chris/Gabby kembali menuai prestasi saat berlaga di Commonwealth Games di Delhi dan membantu tim bulu tangkis Inggris meraih medali perunggu.

Chris sebetulnya sempat dipasangkan dengan pebulu tangkis Skotlandia Imogen Bankier. Keduanya sukses merebut gelar pada Kejuaraan Dunia di London pada 2011. Chris/Bankier bahkan berhasil debut untuk mewakili Inggris pada Olimpiade 2012 London.

Baca juga: Ungguli pasangan Adcock, Hafiz/Gloria melaju ke babak dua All England
Baca juga: Owi/Apriyani belum bisa atasi suami-istri Adcock di Indonesia Masters

Setelah Olimpiade 2012 London, Chris/Gabby kembali dipasangkan pada 2013. Sejak saat itu, mereka telah meraih kesuksesan bersama, bahkan mewakili Inggris pada Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

Tahun 2013 menjadi salah satu momen paling membanggakan bagi Chris/Gabby ketika memenangi gelar super series pertama mereka di Hong Kong Open.

Prestasi mereka kian konsisten sejak saat itu. Keduanya juga tercatat sebagi pemain Inggris pertama yang mengklaim gelar juara pada BWF World Tour Finals 2015 di Dubai.

Chris/Gabby juga sukses merebut medali emas pada ajang Commonwealth Games 2014 dan 2018, Kejuaraan Eropa 2017 dan 2018, serta medali perunggu Kejuaraan Dunia 2017 di Glasgow.

Sebelum memutuskan pensiun, pasangan suami-istri tersebut terakhir kali tampil pada kualifikasi Kejuraan Beregu Campuran Eropa 2021 pada Desember tahun lalu sebelum Gabby dinyatakan terinfeksi COVID-19 yang memaksanya harus mundur dari turnamen All England 2021.

Chris/Gabby menutup karier bulu tangkis mereka dengan menduduki peringkat ke-14 dunia ganda campuran BWF.

Baca juga: Hentikan pasangan Adcock, Praveen/Melati melaju ke perempat final
Baca juga: Rencana suami-istri Adcock usai Indonesia Open 2019

Pewarta : Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021