Yerusalem (ANTARA News) - Ketua pengawas atom Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Yukiya Amano, tiba di Israel pada Senin yang merupakan kunjungan pertama ke Israel sejak menjabat pada Desember lalu, demikikan laporan media Israel.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel tidak dapat dihubungi untuk mengkonfirmasi kedatangan Amano tetapi kantor Presiden Israel Shimon Peres mengatakan kedua orang tersebut dijadwalkan untuk bertemu di Yerusalem pada Rabu.

Jejaring berita Israel, Ynet, mengatakan Amano juga akan bertemu dengan direktur Komisi Energi Atom Israel, Shaul Horev.

Kunjungan tersebut dilakukan atas permintaan dari beberapa anggota Badan Energi Atom Internasional (IAEA) untuk Israel, umumnya menganggap sebagai pemilik tunggal senjata nuklir di Timur Tengah walau tidak diakui, menandatangani Pakta Non-Proliferasi internasional.

Israel dipastikan akan membahas kekhawatiran dengan Amano akan program nuklir Iran, yang Israel, Amerika Serikat dan kebanyakan dalam komunitas internasional mempercayai tujuan mereka adalah memproduksi persenjataan.

Iran, yang pada Sabtu mulai mengisi bahan bakar pada PLTN pertamanya buatan Rusia, menyangkal tuduhan tersebut, mengatakan program tersebut hanya untuk keperluan sipil.

Wartawan veteran koran Haaretz, Yossi Melman, menulis pada jejaring koran tersebut bahwa kunjungan Amano menunjukkan maksud untuk memperbaiki hubungan antara badan pengawas atom dan Israel.

Hubungan antara IAEA dan Israel kurang hangat saat ketua pengawas atom PBB terdahulu, Mohamed ElBaradei, yang mengunjungi Israel dua kali selama 12 tahun menjabat, kata Haaretz.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada bulan lalu mengamankan jaminan dari Presiden AS Barack Obama bahwa konferensi yang dijadwalkan pada 2012 untuk membebaskan Timur Tengah dari senjata nuklir tidak hanya akan menekankan pada Israel.
(AFP/Uu.KR-IFB/H-AK/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010