Kami nilai sangat bersemangat dalam menggelorakan penerapan prokes khususnya bagi pemudik yang kembali ke Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Selatan memberikan penghargaan kepada 14 aparat di empat kelurahan yang dinilai memiliki semangat tinggi dalam menggelorakan penerapan protokol kesehatan (prokes).

"Kami nilai sangat bersemangat dalam menggelorakan penerapan prokes khususnya bagi pemudik yang kembali ke Jakarta," kata Kepala Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Menparekraf pastikan destinasi wisata terapkan protokol kesehatan

Dia menjelaskan aparat yang mendapatkan penghargaan itu yakni lurah, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas yang bertugas di empat wilayah di Jakarta Selatan.

Empat wilayah itu yakni Kelurahan Duren Tiga di Kecamatan Pancoran, Kelurahan Gandaria Utara di Kecamatan Kebayoran Baru, Kelurahan Pesanggrahan dan Kelurahan Lenteng Agung di Jagakarsa.

"Pemudik ketika kembali ke Jakarta, mereka benar-benar menjalankan protokol kesehatan sehingga di kampung itu masih terjaga kesehatannya dan tidak tertular COVID," imbuhnya.

Baca juga: Larangan mudik dinilai berpotensi gairahkan ekonomi Jakarta

Azis menjelaskan kriteria mendapatkan penghargaan itu yakni semangat dan paling pertama menggalakkan protokol kesehatan ketika pemudik kembali ke Jakarta.

Sebelumnya, kepolisian bekerja sama dengan pemerintah daerah dan TNI dalam menekan penyebaran COVID-19 khususnya ketika arus mudik dan balik Lebaran.

Baca juga: Satpol PP Jaksel kerahkan 50 personel di Taman Marga Satwa Ragunan

Setiap polsek di 10 kecamatan di Jakarta Selatan mendirikan posko pemeriksaan tes usap antigen gratis yang khusus diberikan kepada warga baru kembali ke Jakarta.

Selain di pokso setiap polsek, posko-posko tes usap antigen diadakan di sejumlah Kampung Tangguh Jaya dan di posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk menjaring warga usai balik ke Jakarta untuk dites usap antigen.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021