Angkut ribuan buku, Satgas RI-Timor Leste buka perpustakaan keliling

Angkut ribuan buku, Satgas RI-Timor Leste buka perpustakaan keliling

Sejumlah pelajar SD Khatolik 1 Desa Eban berkumpul untuk mendapatkan pinjaman buku bacaaan dari truk militer yang dihadirkan sebagai perpustakaan keliling oleh Satgas Pamtas TNI di perbatasan RI-Timor Leste Sektor Barat dari Yonarmed 6/3 Kostrad di Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT, Jumat (21/5/2021). ANTARA/HO-Satgas Pamtas RI-Timor Leste/aa.

Kupang (ANTARA) - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) TNI di perbatasan RI-Timor Leste menjalankan kegiatan perpustakaan keliling guna meningkatkan minat baca generasi muda pelajar di Desa Eban, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan "menyulap" truk satgas untuk mengangkut ribuan buku.

"Perpustakaan keliling ini kami jalankan untuk membangun minat baca dan memperkuat wawasan khususnya anak-anak pelajar di Desa Eban dan sekitarnya, yang merupakan wilayah perbatasan RI-Timor Leste," kata Dansatgas RI-Timor Leste Sektor Barat Letkol (Arm) Andang Radianto ketika dikonfirmasi ANTARA dari Kupang, Minggu malam.

Ia menjelaskan fasilitas perpustakaan keliling dihadirkan dengan memanfaatkan mobil truk satgas yang mengangkut sekitar 1.300 buku bacaan dan berkeliling ke sekolah-sekolah di wilayah perbatasan.

Ia mencontohkan seperti kunjungan mobil perpustakaan keliling ke SD Khatolik 1 Eban, Desa Eban, Kecamatan Miomaffo Barat pada Jumat (21/5) yang  disambut antusias oleh para guru dan pelajar di sekolah itu.

"Inovasi perpustakaan keliling ini pertama kalinya hadir di sekolah di Desa Eban sehingga para siswa dan guru menyambut dengan sangat antusias," katanya.

Radianto mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan Satgas TNI dari Yonarmed 6/3 Kostrad guna memberikan sarana ilmu pengetahuan kepada anak-anak di wilayah perbatasan.

"Karena itu kami berharap program ini bisa merangsang atau memotivasi anak-anak pelajar di perbatasan agar minat baca mereka bisa meningkat sehingga tumbuh menjadi generasi cerdas dan berwaswasan luas," kata Andang Radianto.

Sementara itu perwakilan dari sekolah SD Khatolik 1 Eban Tofinus mengapresiasi terobosan satgas pamtas yang "menyulap" mobil truk menjadi fasilitas perpustakaan yang bisa bergerak menjangkau sekolah-sekolah di wilayah perbatasan ini.

"Kami tentu sangat senang melihat siswa-siswi kami yang sangat antusias dalam membaca buku karena kegiatan ini merupakan sesuatu yang baru di sekolah kami dan semoga dapat meningkatkan prestasi murid-murid kami," katanya.

Ia menambahkan hadirnya perpustakaan keliling ini menunjukkan bahwa pihak TNI-AD dari Satgas Yonarmed 6 Kostrad peduli siswa dan siswi di perbatasan dalam upaya membangun sektor pendidikan.

Baca juga: Di perbatasan RI-TL, Satgas Yonarmed bentuk taman baca anak-anak

Baca juga: Satgas Pamtas RI-Timor Leste intensif berpatroli sosialisasi prokes

Baca juga: Kenang Operasi Seroja, Satgas IME19B lakukan ziarah

Baca juga: Film pendidikan kesehatan digelar TNI di perbatasan RI-Timor Leste
Pewarta : Aloysius Lewokeda
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021