Goma (ANTARA) - Lahar dari letusan gunung berapi mencapai bandara kota utama Republik Demokratik Kongo, Goma pada Sabtu (22/5), ketika ribuan orang dievakuasi dari kota itu.

Warga Goma, mengingat letusan terakhir Gunung Nyiragongo pada 2002 yang menewaskan 250 orang dan menyebabkan 120.000 kehilangan tempat tinggal, menyambar kasur dan barang-barang lainnya.

Saat cahaya merah dari gunung berapi, salah satu yang paling aktif di dunia, mewarnai langit malam hari di atas kota tepi danau berpenduduk sekitar 2 juta jiwa, beberapa melarikan diri ke timur menuju perbatasan dengan negara tetangga Rwanda, sementara yang lain melarikan diri ke barat.

Dario Tedesco, seorang ahli vulkanologi yang berbasis di Goma, mengatakan retakan baru sedang dibuka di Nyiragongo, memungkinkan lahar mengalir ke selatan menuju Goma setelah awalnya mengalir ke timur menuju Rwanda.

"Sekarang Goma adalah targetnya," kata Tedesco kepada Reuters. "Ini mirip dengan letusan 2002. Menurut saya lahar itu mengarah ke pusat kota."

"Mungkin berhenti sebelum atau berlanjut. Sulit memperkirakannya," katanya.

Sumber Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan semua pesawat PBB telah dievakuasi ke kota Bukavu di selatan dan Entebbe di negara tetangga Uganda.

Listrik juga padam di sebagian besar Goma dan saluran telepon sibuk.

Di Kinshasa, ibu kota, Perdana Menteri Jean-Michel Sama Lukonde, mengadakan pertemuan darurat, di mana pemerintah mengaktifkan rencana evakuasi untuk Goma.

"Kami berharap tindakan yang telah diambil malam ini akan memungkinkan penduduk mencapai titik-titik yang ditunjukkan kepada mereka dalam rencana (evakuasi) ini," kata juru bicara pemerintah Patrick Muyaya dalam komentar yang disiarkan di televisi nasional.

Pengamat gunung berapi khawatir bahwa aktivitas gunung berapi yang diamati dalam lima tahun terakhir di Nyiragongo mencerminkan apa yang terjadi pada tahun-tahun sebelum letusan pada 1977 dan 2002.

Ahli vulkanologi di Goma Volcano Observatory, yang memantau Nyiragongo, telah berjuang untuk melakukan pemeriksaan dasar secara teratur sejak Bank Dunia memotong dana di tengah tuduhan penggelapan.

Dalam buletin pada 10 Mei, observatorium itu mengatakan telah terjadi peningkatan aktivitas seismik di Nyiragongo pada awal bulan.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021