Palembang (ANTARA News) - Striker asal Korea Selatan Park Jung Hwan mengaku masih kesulitan dalam berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia, meskipun musim kompetisi 2010-2011 ini adalah tahun ketiganya merumput di tanah air.

"Saya masih kesulitan berbahasa Indonesia meskipun sudah belajar sedikit-sedikit. Sehingga, mau tak mau jika berkomunikasi dengan teman terpaksa memakai bahasa isyarat saja," kata Park Jung di Palembang, Selasa (17/8).

Hal itu dilakukannya dengan dua klub asal Indonesia sebelumnya, termasuk dengan Sriwijaya Football Club, klub yang merekrutnya untuk musim kompetisi 2010-2011.

"Terkadang komunikasi saya dengan pemain lain saat ngobrol tidak nyambung. Jadi, dari pada begitu lebih baik saya diam saja saat berdekatan," ujar dia.

Namun, terkait komunikasi di lapangan, dia mengaku tidak mengalami kesulitan karena setiap pesepakbola telah mengetahui perannya saat berada di lapangan.

"Jika di lapangan tidak masalah. Saya, pemain, dan pelatih dapat berkomunikasi dengan bahasa isyarat saja. Yang sulit jika saya ingin ngobrol dengan mereka karena saya juga kurang lancar berbahasa Inggris," kata dia.

Padahal, menurut Park, jika dia bisa berbahasa Inggris maka berkomunikasi itu tidak akan terlalu menyulitkannya.

"Kami di Korea tidak menggunakan bahasa Inggris. Tapi, di Indonesia, banyak orang yang bisa berbahasa Inggris. Mereka mengajak saya bicara, tapi saya hanya mengerti sedikit," ujar dia.

Meskipun demikian, Park mengaku nyaman tinggal di Indonesia karena masyarakatnya yang bersahabat.

"Saya betah di sini (Indonesia, red) meskipun sulit dalam berkomunikasi. Masyarakat di sini ramah-ramah dan baik, jika mereka mengenal saya maka akan minta tanda tangan dan foto bersama," ucap dia.

Berkat pengalamannya itu, Park mengaku dapat turut memboyong pemain asal Korea Selatan merumput di Indonesia.

"Saya orang pertama dari Korea Selatan yang bermain bola di Liga Indonesia. Setelah saya, banyak teman-teman yang ingin juga bermain di Indonesia," ujar dia.

Park Jung Hwan telah melakukan penanda tanganan kontrak kerja dengan manajemen Sriwijaya Football Club (SFC), di Palembang, Selasa (10/8).

Dia adalah pesepakbola kelahiran Korea Selatan, 14 Januari 1977. Dia sempat merumput di PSM makassar (2009-2010), Persiba Balikpapan (2008-2009, Sowon FC - Korea Selatan (2007), Yantai Yithen - China (2006) dan Jeonbuk Hyundai Motor (2005).
(ANT039/M033)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010