Jakarta (ANTARA) - Tren mendekor kamar masih menjadi hal yang digandrungi sejak pandemi COVID-19 berlangsung. Banyak orang berlomba- lomba merombak kamar mereka dengan gaya minimalis dan “aesthetic” untuk menciptakan kenyamanan karena harus menghabiskan waktu lebih lama di dalam rumah.

Selain memilih warna dekorasi yang netral seperti putih, ada lima tips lain yang dibagikan oleh IKEA sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan furnitur dan dekorasi rumah dalam keterangan persnya untuk menghadirkan dekorasi gaya skandinavian yang kekinian. Berikut lima tipsnya:

Baca juga: Lima kiat menata tanaman hias untuk segarkan suasana rumah

1.Gunakan sprei dan selimut berwarna netral atau bermotif gingham

Koleksi sprei KRANSKRAGE dari IKEA untuk inspirasi sprei netral. (ANTARA/HO/IKEA Indonesia)
Sprei menjadi salah satu bagian penting dalam mendekorasi kamar tidur untuk tampak terlihat aesthetic dan rapih.

Pilih warna yang netral seperti beige, pastel, atau motif gingham yang sedang naik daun untuk menjadikan kamar kalian nyaman dipandang.

2.Lampu tidur untuk ciptakan suasana nyaman

Selain memilih warna netral, pencahayaan juga menjadi faktor yang penting untuk menciptakan visual kamar kekinian yang nyaman untuk ditinggali.

Gunakan cahaya alami pada saat di siang hari, sementara untuk malam hari gunakan lampu tidur untuk menciptakan suasana hangat yang nyaman.

Kamu bisa menaruh lampu tidurmu di meja belajar atau samping tempat tidur untuk mengisi tenaga di malam hari saat beristirahat di kamar.

3.Letakan meja di samping tempat tidur untuk barang kecil

Perabotan minimal dan multifungsi juga menjadi salah satu barang yang bisa dipertimbangkan untuk mendukung produktivitas di dalam kamar aesthetic- mu.

Salah satunya dengan menaruh meja kecil di samping tempat tidur untuk menaruh barang- barang kecil seperti aksesoris baju, jam, lilin aromaterapi ataupun lampu tidur untuk mempermudah jangkauanmu.

Desain minimal juga turut membantu penampilan kamar semakin terasa skandinavian.

4.Siapkan papan serbaguna dekat meja belajar
 

Koleksi papan serbaguna SKÅDIS dari IKEA untuk percantik ruang penyimpanan bergaya skandinavian. (ANTARA/HO/IKEA Indonesia)
Papan meja belajar bukanlah barang asing dalam dekorasi kamar kekinian, tidak hanya bisa ditaruh dekat meja belajar tapi juga di meja rias untuk menyimpan banyak benda dan pengingat.

Jika ditaruh di meja belajar, maka papan itu bisa digunakan untuk menaruh berbagai pengingat untuk tugas- tugas yang belum dikerjakan. Jika ditaruh di dekat meja rias, maka papan itu bisa difungsikan untuk menaruh berbagai perhiasan seperti kalung dan gelang.

Papan ini pun bisa dimodifikasi untuk di taruh di bagian dalam pintu lemari untuk memberikan ruang penyimpanan tambahan menyimpan benda- benda kecil seperti dasi atau pun kaus kaki.

5.Tambah sentuhan tanaman untuk beri kesan fresh

Tanaman hias menjadi salah satu dekorasi yang tidak bisa ditinggalkan untuk menciptakan kamar kekinian. Tanaman juga memberikan rasa segar dan teduh bagi penghuni kamar. Jika memilih tanaman hidup pastikan anda memilih jenis tanaman yang bisa hidup di ruangan tertutup.

Namun anda juga bisa memilih tanaman imitasi yang kini semakin banyak variannya untuk mempercantik kamar dan ruangan- ruangan lain di rumahmu.

Baca juga: Tidak mudik? Hiasi rumah dengan ornamen agar cantik saat lebaran

Baca juga: Langkah aman kunjungi toko baru IKEA di Kota Baru Parahyangan

Baca juga: Tips tata ruangan agar tampak luas dan berkarakter


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021