Wajib kamu kunjungi, 4 destinasi wisata yang ada di Sumatera Utara

Wajib kamu kunjungi, 4 destinasi wisata yang ada di Sumatera Utara

Tao Silalahi, salah satu objek wisata andalan Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. (ANTARA/Juraidi/aa.)

Jakarta (ANTARA) - Sumatera Utara memang dikenal sebagai provinsi terbesar yang ada di Indonesia, Provinsi ini juga memiliki potensi destinasi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Sumatera Utara ini.

Di Sumatera Utara kamu bisa menemukan ragam pesona wisata dari mulai destinasi wisata alam, sejarah, budaya sampai dengan kuliner khas Sumatera Utara. Tidak hanya itu saja, objek wisata yang ada di sana juga memiliki kisah yang unik untuk kita ketahui.

Jika dalam waktu dekat ini kamu akan pergi ke Sumatera Utara, maka di bawah ini ada deretan tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika ke Sumatera Utara.

Salju Panas Tinggi Raja

Salju Panas? Mungkin kamu heran dengan penamaan ini. Tapi, memang fakta bahwa namanya adalah salju panas. Dari pada kamu bertanya-tanya mengenai nama dari tempat wisata ini, kamu perlu tau bahwa asal usul penamaan kata salju dipilih karena tempat ini memiliki sebuah kawah yang berwarna putih seperti salju. Sedangkan kata panas dipilih karena air yang ada di sana berwarna biru dan memiliki suhu yang panas.

Jika kamu ingin ke kawasan ini, kamu bisa menuju Kota Medan terlebih dahulu dengan menggunakan pesawat, cek harga tiket pesawat murah di sini di aplikasi pemesanan tiket seperti Traveloka dan yang lainnya.

Setelah kamu di Kota Medan, kamu perlu berkendara dengan waktu tempuh sekitar 3 jam dari Pusat Kota Medan. Selama perjalanan, kamu akan melewati kawasan Lubuk Pakam, Dolok Masihul, Galang dan Bangun Purba.

Setelah kamu sampai di daerah Salju Panas Tinggi Raja, kamu tidak akan diminta uang apapun. Terkecuali, jika kamu menggunakan kendaraan sendiri, kamu akan dikenakan tarif Rp 5.000 untuk parkir.

Hillpark Sibolangit

Destinasi wisata lainnya yang wajib kamu kunjungi ketika akan ke Kota Medan adalah Green Hill City/Hillpark Sibolangit. Sebenarnya ini adalah kawasan perubahan elite yang ada di Sibolangit, Deli Serdang.

Tapi di sini juga kamu bisa menemukan beragam wahana dan hiburan untuk keluarga. Mulai dari kincir raksasa, roller coaster sampai dengan bioskop 4D. Taman bermain Hillpark Sibolangit ini diklaim sebagai tempat bermain terbesar di Pulau Sumatera yang terbagi menjadi 3 kawasan di antaranya Toon Town, Lost Coty dan Heritage.

Jika kamu ingin mencoba wahana bermain ini, kamu bisa menyiapkan uang untuk tiket masuknya sebesar Rp10.000 untuk satu orang. Di sini juga kamu tidak perlu khawatir kepanasan lagi, karena lokasi wahana ini berdekatan dengan Gunung Sibayak, sehingga udara di sini cukup sejuk.
Masjid Raya Kota Medan

Jika kamu berkunjung ke Sumatera Utara. Jangan lupa untuk mampir ke Masjid Raya Kota Medan. Masjid Raya Kota Medan adalah masjid terbesar yang dibangun oleh Sultan Mamoen Al Rasyid Perkasa Alam dengan luas bangunan sekitar 5.000 meter persegi. Bisa dibilang masjid ini termasuk tempat ibadah palng megah dengan desain bangunan yang berbentuk persegi delapan yang dilengkapi dengan empat serambi utama.

Di masjid ini juga ada dua pilar yang berdiameter 0,6 meter, dua pilar ini menyokong kubah masjid. Sekarang, masjid ini dikenal dengan nama Masjid Raya Al Mashun yang telah berusia satu abad. Sehingga masjid ini mendapatkan predikat sebagai bangunan tertua yang ada di Kota Medan. Untuk menuju ke sana, kamu bisa menuju Jalan Sisingamangaraja, Medan.

Rumah Tjong A Fie

Jika kamu menyukai wisata sejarah, maka kamu wajib datang ke Rumah Thong A Fie yang berada di Jalan Jendral Ahmad Yani No 105, Kesawan, Medan Barat. Pemilik dari rumah ini adalah Tjong A Fie yang merupakan seorang dermawan kaya raya di masa pemerintahan Kesultanan Deli pada zaman penjajahan Belanda.

Rumah ini memiliki arsitektur khas Tiongkok dan rumah ini juga menjadi salah satu wisata sejarah paling populer yang ada di Sumatera Utara. Di rumah ini juga, kamu bisa mengetahui sejarah dari kehidupan Tjong A Fie melalui foto yang terpajang di sana. Kamu juga bisa melihat lukisan dan perabot khas rumah kuno yang menarik. Untuk menikmati semua itu, kamu perlu membayar tiket masuk seharga Rp 35.000 untuk wisatawan umum dan untuk pelajar sebesar Rp 20.000.

Pewarta : PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2021