Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menginginkan   Masyarakat Ekonomi Syariah atau MES dan Eid Al-Fitr Creative and Tourism Expo (ECTEXPO) 2021 bisa menggerakkan sektor UMKM.

"Saya yakin dengan bekerjasama dengan MES dan ECTEXPO 2021 ini sampai dengan tanggal 22 Mei, kita bisa menggerakkan UMKM. Pertama, kita bisa meningkatkan keterampilan agar UMKM sudah bisa melakukan bisnisnya melalui virtual," ujar Sandi dalam pembukaan Eid Al Fitr Creative and Tourism Expo (ECTEXPO) 2021 secara virtual di Jakarta, Senin.

Sandi juga menambahkan, kedua perlu menghadirkan ekonomi yang berkeadilan. MES identik dengan ekonomi yang membawa kemaslahatan umat dan juga ekonomi yang membawa kebermanfaatan untuk sesama sesuai dengan konsep Islam yang Rahmatan Lil Alamin.

"Mari kita hadirkan ekonomi yang berkeadilan. Saya yakin ekonomi yang berkeadilan ini bisa kita hadirkan dengan MES sebagai lokomotifnya," kata Sandi.

Baca juga: Menparekraf pastikan destinasi wisata terapkan protokol kesehatan

Terakhir, lanjut dia, perlu dipastikan program-program MES, bantuan pemerintah terutama mengenai Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) bisa dijalankan secara tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu kepada masyarakat yang betul-betul membutuhkan.

Hal ini tentunya membutuhkan bantuan dari rekan-rekan MES.

"Saya mengingatkan ada 34 juta masyarakat Indonesia yang menggantungkan hidupnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Mari kita berempati dan bergandengan tangan," kata Menparekraf.

Sandi juga ingin mengingatkan semua pihak bahwa di tengah pandemi pariwisata dan ekonomi kreatif sangat terdampak.

Momen Lebaran kemarin merupakan waktu yang dinanti-nantikan oleh pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata yakni kunjungan wisatawan saat Lebaran. Memang harus dilakukan transformasi, tidak bisa lagi membludak seperti dulu dan perlu mengedepankan disiplin protokol kesehatan.

Baca juga: Menparekraf: Penting ekonomi digital yang saling menguatkan

"Saat ini kita harus melakukan persiapan-persiapan untuk protokol kesehatan, oleh karena itu nantinya saya meminta juga MES untuk menyebarkan buku-buku panduan Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) untuk penyelenggaraan kegiatan wisata dan ekonomi kreatif dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dengan demikian masyarakat dan para penyelenggara ini menjadi terbiasa," ujarnya.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021