Jakarta (ANTARA) - Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan penumpang datang yang menggunakan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) ke area Jakarta terpantau kondusif.

"Adapun saat ini pada masa peniadaan mudik 6 s.d 17 Mei 2021, jumlah KA yang datang juga masih terbatas sama dengan jumlah KA yang berangkat yakni 7 KA per hari, jadi terpantau kondusif," kata Eva dalam pernyataan pers di Jakarta, Senin.

Eva mengatakan, dari 7 KA yang tiba di area Daop 1 Jakarta pada Senin 17 Mei 2021 terdapat 4 KA tiba di Stasiun Gambir dan 3 KA lainnya tiba di Stasiun Pasar Senen. Untuk volume kedatangan hingga kini terpantau landai dan kondusif.

Di Stasiun Pasar Senen terdapat sekitar 1200 penumpang yang akan tiba hari ini, sementara di Stasiun Gambir terdapat sekitar 900 penumpang tiba. Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan volume kedatangan pada masa pandemi.

Baca juga: KAI tegaskan perjalanan KA jarak jauh bukan untuk mudik

"Normalnya dimasa pandemi untuk volume kedatangan Di Stasiun Pasar Senen berkisar hingga sekitar 5.000 penumpang, sedangkan untuk Stasiun Gambir berkisar hingga 3.500 penumpang," ujar Eva.

Daop 1 Jakarta memastikan seluruh penumpang yang tiba di Gambir dan Pasar Senen telah memenuhi persyaratan kesehatan lantaran pemeriksaan persyaratan berkas pemeriksaan Covid 19 untuk seluruh penumpang berangkat telah dilakukan di stasiun awal keberangkatan di area Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Melalui pemeriksaan persyaratan berkas PCR, Rapid Antigen atau Genose Tes diawal tersebut maka pengguna yang tiba di stasiun akhir dapat langsung keluar melalui pintu kedatangan.

Baca juga: Hari pertama KA luar biasa beroperasi, KAI angkut 62 penumpang

"PT KAI Daop 1 Jakarta juga memastikan seluruh protokol kesehatan dan persyaratan perjalanan di masa pandemi konsisten diterapkan guna mendukung upaya pemerintah dalam hal penanganan Covid-19," katanya.

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021