Kakorlantas: 849 orang masuki wilayah Jabodetabek jalani tes antigen

Kakorlantas: 849 orang masuki wilayah Jabodetabek jalani tes antigen

Kepala Korlantas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono meninjau kesiapan petugas yang berjaga di pos pemeriksaan (checkpoint) Tol Purbaleunyi, Jawa Barat, Sabtu (15/5/2021) (ANTARA/HO-Korlantas Polri)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Kors Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono menyebutkan sebanyak 849 orang yang memasuki wilayah Jabodetabek menjalani tes antigen COVID-19 pada beberapa titik pemeriksaan usai liburan lebaran 2021.

"Terdapat satu orang yang reaktif COVID-19," kata Istiono melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Istiono menyampaikan hal itu usai meninjau kesiapan petugas yang berjaga di pos pemeriksaan (check point) Tol Purbaleunyi, Jawa Barat.

Istiono mengungkapkan petugas telah melakukan tes antigen secara acak (random sampling) terhadap 849 orang yang melintasi 35 pos penyekatan menuju Jabodetabek.

Baca juga: Kapolri ingatkan jajaran awasi arus silaturahmi di wilayah aglomerasi

Istiono menyatakan tes antigen tersebut dilakukan sebagai persyaratan masyarakat untuk dapat kembali ke wilayah Jabodetabek, guna menekan kasus penyebaran COVID-19 usai liburan Idul Fitri.

"Pengetesan itu dilakukan juga menjelang prediksi arus balik mudik lebaran yang akan terjadi Minggu besok," ujar Istiono.

Istiono memperkirakan akan ada sekitar 1,5 juta masyarakat dari Jawa maupun Sumatera yang balik ke Jabodetabek usai mudik Lebaran 2021.

"Satgas COVID-19 bersama instansi terkait, semuanya, Polri, mengantisipasi ini. Kemarin disepakati, 25 titik yang harus wajib dibangun melaksanakan random test dan wajib untuk random test yang khususnya dari Sumatera," ungkap Istiono.

Istiono mengatakan pihaknya juga menambah titik tes antigen untuk memperbanyak pos pemeriksaan secara random dengan jumlah mencapai 109 lokasi yang tersebar di jalan tol dan jalan arteri menuju Jabodetabek.

Baca juga: Polres Madiun perketat penyekatan antisipasi mobilitas usai lebaran
Baca juga: Hampir tidak ada mobil Plat B, objek wisata Ciwidey anjlok pengunjung
Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021