Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama pihak Kepolisian dan Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan memastikan kesiapan pelaksanaan pengendalian transportasi arus kendaraan kembali ke wilayah Jabotabek mulai hari ini, Sabtu (15/5) di jalan tol.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, Jasa Marga mendukung penuh pelaksanaan check point/posko penyekatan kendaraan arah Jabotabek yang terletak di KM 47B Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Di titik ini, pihak Kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap dokumen perjalanan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Saat ini untuk titik penyekatan di KM 31A dan KM 46+500A Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek sudah dihentikan. Sesuai dengan diskresi Kepolisian, mulai Sabtu (15/05) titik penyekatan akan fokus untuk kendaraan yang kembali ke arah Jabotabek. Jasa Marga mendukung penyediaan lokasi, penempatan petugas untuk mengatur lalu lintas hingga penempatan rambu-rambu agar kegiatan ini berjalan dengan lancar,” ujar Heru dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Jasa Marga: Kendaraan masuk Surabaya turun 60 persen saat Lebaran 2021

Dengan adanya diskresi ini, Heru juga menambahkan, akses Jalan Layang MBZ yang sebelumnya telah ditutup total di kedua arahnya sejak 6 Mei 2021 lalu, telah dibuka kembali untuk kendaraan yang menuju arah Cikampek sejak 14 Mei pukul 20.00 WIB. Pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1 dari arah Rorotan, Jatiasih maupun Cawang yang menuju arah Cikampek kini sudah bisa mengakses jalan layang tersebut.

“Namun untuk akses KM 48B Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta masih dilakukan penutupan sementara untuk mendukung penyekatan kendaraan kembali ke arah Jabotabek,” katanya.

Selain itu, untuk menekan penyebaran penularan COVID-19, Jasa Marga bersama Satgas COVID-19 Daerah juga mendukung pelaksanaan random check antigen di sejumlah lokasi di jalan tol. Proses screening dilakukan secara random dengan Rapid Test Antigen untuk kendaraan dengan plat nomor di luar wilayah aglomerasi.

Baca juga: Jasa Marga: Kendaraan tinggalkan Jabotabek turun 43,7 persen

Dalam pelaksanaannya, Jasa Marga menyediakan lokasi dan kelengkapan Posko serta berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk pengaturan lalu lintas. Sementara itu untuk peralatan tes, petugas medis hingga ambulans disediakan oleh Satgas COVID-19 daerah atau Dinas Kesehatan setempat.

“Apabila pengguna jalan terindikasi positif COVID-19, maka akan diamankan oleh satgas COVID-19 Daerah dengan Ambulans ke Rumah Sakit Rujukan, sesuai Standar Operasional Prosedur Satgas COVID-19 Daerah. Beberapa lokasi Rapid Test Antigen di Jalan Tol Jasa Marga Group yang sudah berjalan mulai hari ini di antaranya adalah KM 47B Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Rest Area KM 38B Jalan Tol Jagorawi, Rest Area KM 149B dan Km 125B Jalan Tol Padaleunyi, Rest Area KM 97B dan KM 72B Jalan Tol Cipularang, Gerbang Tol (GT) Kalikangkung dan Rest Area KM 360B Jalan Tol Batang-Semarang serta GT Ngawi dan Rest Area KM 519B Jalan Tol Solo-Ngawi,” ujar Heru.

Selain upaya-upaya dalam melakukan pengendalian transportasi, Jasa Marga bersama Indonesia Flying Club masih terus melakukan pemantauan melalui udara pada 16-17 Mei 2021 yang terintegrasi dengan Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) untuk mendapatkan sumber informasi secara real time, cepat dan efisien.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021