Polisi tutup jalur menuju Puncak dari Cianjur

Polisi tutup jalur menuju Puncak dari Cianjur

Petugas menutup sementara jalur menuju Puncak-Cianjur, Jawa Barat, sebagai upaya antisipasi macet total di kawasan puncak, seiring tingginya volume kendaraan, Sabtu (15/5/2021). ANTARA(Ahmad Fikri

Cianjur (ANTARA) - Polres Cianjur, Jawa Barat, menutup jalur menuju Puncak-Cipanas mulai dari bundaran Tugu Lampu Gentur By Pass-Cianjur sebagai antisipasi macet total seiring tingginya volume kendaraan wisatawan, sementara wisatawan tujuan Bogor diarahkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi.

KBO Lantas Polres Cianjur Iptu Yudistira saat dihubungi Sabtu, mengatakan rekayasa penutupan arus menuju Puncak-Cipanas bersifat situasional karena hingga siang menjelang volume kendaraan meningkat tajam di kawasan Puncak menuju Cianjur. Sehingga diberlakukan penutupan arus dari Cianjur menuju Puncak-Cipanas.

"Sifatnya situasional ketika terjadi lonjakan arus di jalur utama Puncak, kita lakukan sejumlah rekayasa termasuk penutupan jalur sementara. Menjelang siang volume kendaraan di jalur tersebut meningkat tajam," ungkp-nya.

Baca juga: Hingga Kamis malam jalur Puncak-Cianjur masih normal

Baca juga: Pemudik membludak, perbatasan di Puncak-Cianjur direnggangkan


Ia menjelaskan setelah arus kembali normal, pihaknya kembali membuka jalur seperti biasa dan akan kembali melakukan hal yang sama jika terjadi antrean terutama saat tempat wisata mulai tutup dan kendaraan mulai tumpah ke jalur utama.

Sementara antrean kendaraan dengan laju tersendat terlihat di sejumlah jalur menuju tempat wisata seperti pertigaan Hanjawar, Kebun Raya Cibodas dan Pasar Cipanas, dimana ratusan kendaraan yang didominasi bernopol Cianjur, keluar masuk tempat wisata. Volume kendaraan juga meningkat dari arah Bogor menuju Puncak-Cianjur.

Namun penyekatan tetap dilakukan petugas di perbatasan Puncak Pass, dimana pengendara dengan nopol luar kota tetap menjalani pemeriksaan dan dikembalikan ke daerah asal karena tidak melengkapi perjalanan dengan surat keterangan bebas COVID-19 antigen.

"Untuk data sementara, sudah ratusan kendaraan yang dipulangkan karena tidak melengkapi diri dengan surat keterangan bebas COVID-19 antigen. Memasuki H+1 Lebaran, volume kendaraan pendatang mulai berbaur dengan warga lokal, sehingga terlihat kepadatan di sepanjang jalur Puncak-Cipanas," tutur Erwin, petugas gabungan di pos penyekatan Puncak Pass.
Pewarta : Ahmad Fikri
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021